Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketoprak Jambul Kramayudha, Orang Kaya yang Hidup seperti Kacang Lupa Kulitnya

Warga Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul menggelar pentas seni tradisional Ketoprak. Pentas yang digelar Minggu, (17/11/2019) itu digagas warga untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda.
Nina Atmasari
Nina Atmasari - Bisnis.com 19 November 2019  |  13:02 WIB
Loading the player ...
Pentas ketoprak Jambul Kramayudha di Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul, Minggu (17/11/2019). - Ist/Dok Panitia

Bisnis.com, BANTUL - Warga Kembaran RT 05 Tamantirto Kasihan Bantul menggelar pentas seni tradisional Ketoprak. Pentas yang digelar Minggu, (17/11/2019) itu digagas warga untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda.

"Acara ini digagas oleh warga dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda akan pentas seni kethoprak yang sudah jarang dipentaskan," papar Sari Purwanto selaku pimpinan produksi, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (19/11/2019).

Pentas ketoprak berjudul Jambul Kramayudha bercerita tentang keluarga Pak Krama yang susah dan kekurangan. Ingin mengubah hidup, Pak Krama kemudian nekat mengadu nasib di kota besar. Pak Krama berhasil. Ia menjadi orang yang kaya. Sayangnya, kesuksesan itu justru membuat Pak Krama melupakan keluarganya di desa.

Simak pentas ketoprak Jambul Kramayudha tersebut dari video streaming akun Youtube  Lemah Teles Official di atas.

Selain untuk memperkenalkan dan melestarikan seni tradisi, pementasan tersebut juga digelar doa bersama untuk seniman Djaduk Ferianto. 

"Selain acara ketoprak, doa bersama untuk Almarhum Pak Djaduk Ferianto yang merupakan tokoh seniman dan musikus yang lahir dan besar di kembaran RT05 [Padepokan Bagong]. Kami seluruh warga Kembaran sangat kehilangan sosok Mas Djaduk, yang baik dan grapyak dengan semua warga," tambah Purwanto.

Panitia, lanjutnya, juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung sehingga acara itu dapat terlaksana, khususnya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta sebab acara tersebut digelar dengan sumberdana Dana Keistimewaan Yogyakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lalulintas

Sumber : Harian Jogja

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top