Boyband Korea Selatan BTS atau Bangtan Boys/Istimewa
Entertainment

Personil BTS Dipastikan Harus Tetap Ikut Wajib Militer

Dionisio Damara
Minggu, 24 November 2019 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan bahwa kebijakan wajib militer tidak memiliki pengecualian terhadap bintang pop, termasuk kepada boy band BTS. 

Dilansir dari Reuters, Jumat (22/11/2019), keputusan itu diklaim malpu memicu perdebatan di Korea Selatan karena penghibur atau pun atlet harus melakukan dinas militer selama 18 bulan. Sementara di sisi lain, mereka mungkin sedang berada di puncak karir. 

"Mengecualikan seniman budaya pop dari dinas militer, meski mereka telah memberikan kontribusi pada reputasi negara, tetap tidak sejalan dengan sikap pemerintah untuk menegakkan keadilan," ujar Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo, saat mengumumkan keputusannya pada Kamis (21/11).

Menteri Pertahanan juga mengatakan bahwa setiap tahunnya, kurang dari 45 orang dibebaskan dari dinas. Selain itu Korea Selatan juga memiliki hampir 600.000 tentara, yang sebagian besar berasal dari wajib militer.

Di sisi lain, Tujuh personel BTS, yang secara masif mempelopori gelombang pop Korea Selatan, telah memahkotai kesuksesan tiga album mereka dengan menyabet posisi puncak tangga lagu Billboard dalam waktu kurang dari setahun. Selain itu, BTS juga meraih nominasi Grammy 2019 dan melakoni konser dari New York hingga Arab Saudi. 

Di Korea Selatan, pria berusia 18 tahun yang memenuhi syarat pemeriksaan fisik dari Administrasi Tenaga Kerja Militer akan ditugaskan untuk wajib militer. Sementara, wanita tidak harus melakukan wajib militer. 

Pihak berwenang juga terkadang memberikan pengecualian, misalnya, untuk atlet. Namun, itu hanya diberikan jika atlet telah memenangkan medali emas di Asian Games atau medali apa pun di Olimpiade.

Selain itu, musisi klasik yang telah menerima penghargaan di kompetisi internasional yang diakui oleh dunia juga dapat melewati dinas militer mereka.

Tahun lalu, Son Heung-min, yang bermain untuk tim Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur, diberikan pengecualian, tetapi hanya setelah dia membantu tim nasional Korea Selatan memenangkan emas di Asian Games.

Terkait dengan kebijakan tersebut, tidak ada satu pun personel BTS yang dapat dimintai keterangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro