Board Games Bisa Bantu Pertajam Ingatan di Usia Lanjut/Independent.co.uk
Health

Board Games Bisa Bantu Pertajam Ingatan di Usia Lanjut

Reni Lestari
Rabu, 27 November 2019 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi menyatakan permainan papan atau board games dapat membantu orang tua menjaga ingatan mereka tetap tajam.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang secara teratur memainkan permainan seperti catur dan bingo lebih mungkin untuk mempertahankan keterampilan berpikir. Untuk penelitian ini, akademisi Universitas Edinburgh menilai 1.091 individu, yang semuanya lahir pada 1939.

Fungsi kognitif umum para peserta dicatat pada usia 11 dan 70, kemudian serangkaian tes kognitif dilakukan pada usia 70, 73, 76 dan 79. Pada usia 70 dan 76, responden ditanya seberapa sering mereka mengambil bagian dalam kegiatan seperti bermain kartu, catur, bingo, dan teka-teki silang.

Para peneliti kemudian mencoba untuk menentukan apakah ada hubungan antara permainan yang dimainkan dan kemampuan kognitif mereka.

Studi yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology Series B: Psychological Sciences, menemukan bahwa mereka yang mulai bermain lebih banyak game di tahun-tahun berikutnya cenderung kurang menunjukkan penurunan keterampilan berpikir.

Para peneliti menyimpulkan bahwa temuan mereka dapat membantu menetapkan jenis kegiatan apa yang mungkin bermanfaat bagi kemampuan kognitif kita di usia tua.

Drew Altschul, dari Fakultas Filsafat, Psikologi dan Ilmu Bahasa University of Edinburgh, menjelaskan, bagi mereka yang berusia 70-an atau lebih, bermain game non-digital mungkin merupakan perilaku positif dalam hal mengurangi penurunan kognitif.

Selain itu, Ian Deary, direktur Pusat Penuaan Kognitif dan Epidemiologi Universitas Edinburgh mengatakan bahwa penelitian ini mempersempit jenis kegiatan yang mungkin membantu membuat orang tetap tajam di usia lebih tua.

"Akan lebih baik untuk mengetahui apakah beberapa dari game ini lebih kuat dari yang lain. Kami juga menunjukkan bahwa beberapa hal lain terkait dengan penuaan kognitif yang lebih baik, seperti menjadi sehat secara fisik dan tidak merokok," kata Deary, dilansir Independent, Rabu (27/11/2019).

Caroline Abrahams, direktur amal di Age UK mengatakan bahwa temuan penelitian ini adalah bukti lebih lanjut bahwa penurunan keterampilan berpikir di usia tua tidak harus tidak terhindarkan.

"Hubungan antara bermain game papan dan game non-digital lainnya di kemudian hari dan pemikiran yang lebih tajam dan keterampilan memori menambah apa yang kita ketahui tentang langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk melindungi kesehatan kognitif kita, termasuk tidak minum alkohol berlebihan, menjadi aktif dan makan makanan sehat diet," kata Abrahams.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro