Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Nutrisi Penting Untuk Memperpanjang Usia

Mengonsumsi banyak protein akan membantu membentuk dan mempertahankan massa otot, saat lanjut usia.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 22 September 2021  |  19:00 WIB
Ilustrasi - Futuretimeline.net
Ilustrasi - Futuretimeline.net

Bisnis.com, JAKARTA - Menginjak usia 50 tahun, kondisi tubuh mulai berubah dan ada kebutuhan nutrisi tambahan. Penuaan adalah kondisi normal pada tubuh manusia.

Dalam kebanyakan kasus, manusia bisa hidup dengan aktif di usia yang sudah tua. Namun, kebutuhan nutrisi harus dicukupi agar tetap sehat bugar di usia tua.

Melansir dari Healthline, Rabu (22/9/2021) berikut nutrisi yang sangat penting untuk dipenuhi saat menginjak usia 50-60an.

  1. Protein

Dengan mengonsumsi banyak protein akan membantu membentuk dan mempertahankan massa otot, dimana hal tersebut penting untuk gaya hidup aktif, metabolisme yang kuat dan kesehatan kekebalan tubuh yang layak.

Jumlah minimal yang baik untuk dikonsumsi protein menurut Recommended Daily Allowance (RDA) berkisar 0.8 gram per kilogram dari berat tubuh. Bahkan kebanyakan penelitian menyarankan bahwasanya orang dewasa berusia 50an membutuhkan lebih dari itu. 

Kandungan protein dapat diperoleh dari ikan, tofu, telur, tempe, kacang, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan unggas. 

  1. Serat (Fiber)

Mengonsumsi serat mampu meningkatkan pergerakan usus dan pencernaan yang sehat, mendukung kesehatan jantung, memperlambat penyerapan gula untuk menstabilkan kadar gula darah, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Minimal kandungan serat yang baik untuk dikonsumsi menurut RDA ialah berjumlah 25-38 gram perharinya baik untuk wanita dan laki-laki. Serat dapat diperoleh ketika mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. 

  1. Kalsium

Kalsium merupakan kunci utama untuk kesehatan tulang, fungsi saraf, dan kontraksi jantung dan otot. Bahkan asupan kalsium yang cukup dapat membantu mencegah gangguan terkait tulang seperti osteopenia dan osteoporosis.

Karena individu pascamenopause memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi dan tidak menyerap kalsium secara efisien, mereka diperkirakan membutuhkan kalsium sekitar 1.200 mg per hari, sementara populasi lainnya membutuhkan sekitar 1.000 mg per hari.

Asupan kalsium dapat dicari dengan mengonsumsi produk susu seperti susu, keju, dan yogurt, sayuran hijau, kecuali bayam, kemudian minuman yang diperkaya, termasuk susu kedelai dan almond. 

1 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

protein lansia usia lanjut manula
Editor : Novita Sari Simamora

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top