Joker Pecahkan Rekor Film Komik di Ajang Golden Globes

Sejak pertama kali dirilis ke publik pada Oktober 2019, film Joker telah menjadi pembicaraan masyarakat luas terkait isu yang diangkat dan teknis film yang dianggap memukau.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  15:11 WIB
Joker Pecahkan Rekor Film Komik di Ajang Golden Globes
Joaquin Phoenix membintangi film Joker - Dok, Warner Bros

Bisnis.com, JAKARTA – Film Joker (2019) besutan sutradara Todd Phillips memecahkan rekor dalam konteks film komik di ajang Golden Globes Awards 2020.

Sejak pertama kali dirilis ke publik pada Oktober 2019, film Joker telah menjadi pembicaraan masyarakat luas terkait isu yang diangkat dan teknis film yang dianggap memukau.

Tak ayal, film ini berhasil menjadi film pertama berperingkat R (restricted) atau terbatas yang pendapatannya tembus US$1 miliar. Film ini juga sempat dilaporkan sebagai film komik paling menguntungkan sepanjang masa, dengan biaya produksi sekitar US$60 juta.

Pada Golden Globes yang digelar akhir pekan lalu, Joker dinominasikan untuk empat penghargaan yaitu Best Motion Picture – Drama, Best Director – Motion Picture, Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Drama, dan Best Original Score – Motion Picture.

Dari empat nominasi itu, Joker berhasil mengantongi dua piala Golden Globes yakni Best Original Score untuk Hildur Guonadottir dan Best Performance Actor Drama untuk Joaquin Phoenix.

Phoenix mengikuti jejak aktor Heath Ledger yang juga memerankan karakter Joker dan memenangi kategori aktor terbaik pada Golden Globes dalam film The Dark Knight (2008).

Dilansir dari Screen Rant, Selasa (7/1/2020) dua piala yang dibawa pulang Joker berhasil memecahkan rekor untuk film komik di ajang penghargaan internasoinal industri film dan televisi itu, lebih banyak dari film komik lainnya.

Pada tahun sebelumnya, film Black Panther (2018) dari Marvel mencetak rekor dengan menjadi film pahlawan super pertama yang dinominasikan untuk kategori Best Pictures – Drama di Golden Globes. Film juga dinominasikan untuk dua penghargaan lainnya, tetapi tidak membawa pulang piala pun.

Kenyataannya, film-film pahlawan super adaptasi dari komik tidak pernah memenangkan lebih dari satu penghargaan di ajang tersebut. Namun, Joker membawa gebrakan baru di panggung internasional tersebut dengan menjadi film pahlawan super yang membawa dua piala Golden Globes.

Adapun musim penghargaan industri perfilman global sebentar lagi akan memasuki puncaknya, yakni pada gelaran Academy Awards atau Oscar ke-92 yang digelar pada 9 Februari 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
film hollywood

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top