Warga berolahraga pada malam hari di Lapangan Lumintang Denpasar Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto
Health

Apakah Musik Memberikan Efek Olah Raga Menjadi Lebih Efektif?

Ria Theresia Situmorang
Rabu, 8 Januari 2020 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki resolusi untuk hidup sehat di tahun 2020, maka bantuan musik mungkin bisa membuat pencapaian Anda tersebut jauh lebih mudah.

Dalam sebuah eksperimen yang dinamai Trust Me I’m A Doctor, disebutkan olah raga seperti jalan cepat dapat cenderung meningkatkan aliran darah ke otak dan mengarah pada pelepasan hormon yang disebut BDNF (Brain Derived Neurothopic Factor) yang membantu merangsang produksi sel-sel otak baru sehingga sangat bermanfaat bagi individu seiring dengan bertambahnya usia.

Dalam sebuah penelitian oleh British Journal of Sports Medicine disebutkan mereka yang berjalan kaki cepat 24 persen hidup lebih lama dibanding mereka yang berjalan dengan kecepatan lambat. Definisi berjalan cepat yang jelas adalah dengan berjalan 100 langkah per menit dan dibantu dengan mendengarkan musik yang temponya lebih cepat.

Dengan menambah eksperimen baru yakni difasilitasi dengan musik, orang ternyata memiliki minat berlebih untuk menambah kecepatan berjalannya.

Untuk penelitian ini, 24 sukarelawan di rentang usia 25 hingga 65 tahun secara acak dibagi menjadi dua kelompok, dimintai untuk mencoba berjalan 10.000 langkah per hari, sementara kelompok lain berjalan cepat selama 30 menit per hari dengan fasilitas musik pilihan mereka sendiri.

Setelah diuji tekanan darah, kolesterol dan lemak tubuh disebutkan kalau perubahan positif terjadi pada dua kelompok. Namun berjalan dengan musik memberikan peningkatan yang sedikit lebih besar dibandingkan mereka yang berjalan 10.000 langkah.

Mereka yang berjalan 10.000 langkah mengalami penurunan rata-rata lemak tubuh mencapai 1,8 persen sedangkan pejalan kaki cepat dengan musik mengalami penurunan lemak tubuh mencapai 2,4 persen.

Mereka yang berjalan kaki cepat juga mengalami penurunan tekanan darah yang lebih besar, sehingga bagi Anda yang sedang menjalani program sehat sangat disarankan untuk berjalan cepat menggunakan musik fasilitas untuk memotivasi diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro