sumber: Reuters
Entertainment

Lineup Sundance 2020 Diwarnai Aktris dan Sutradara Wanita

Reni Lestari
Kamis, 23 Januari 2020 - 18:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sutradara dan pemeran wanita akan memenuhi karpet merah Sundance Film Festival 2020 yang dimulai pada Kamis, (23/1/2020).

Pada hajat film bergengsi ini, sebanyak  44% sutradara wanita dari 118 film panjang akan dipratinjau pada festival yang berlangsung selama 10 hari di kota resor ski Park City, Utah. Sementara itu, sebanyak 34% lainnya merupakan sutradara yang berasal dari kalangan minoritas  dan 15% sisanya mengindentifikasi diri sebagai LGBTQ.

Keikutsertaan wanita pada festival Sundance terus meningkat. Tahun lalu, hanya ada 40% sutradara wanita dari seleksi resmi di Sundance. Kondisi ini berlawanan dengan Academy Awards yang akan diadakan 9 Februari 2020.  Kategori Best Picture untuk Oscar umumnya didominasi oleh pria.

"Ini bagian dari tren di Sundance,"kata Brent Lang, editor eksekutif untuk film dan media di majalah perdagangan film Variety, dilansir Reuters.

Selama satu dekade terakhir, menurut Lang, festival ini memberikan penghargaan nyata untuk menyediakan platform bagi para pembuat film wanita,

Sutradara pemenang Emmy, Lana Wilson dengan karya dokumenternya yang tayang di Netflix berjudul 'Taylor Swift: Miss Americana' akan membuka festival ini. Film dokumenter tersebut menyajikan tampilan mentah yang penuh emosi.

Penyelenggara festival yang didirikan oleh aktor Robert Redford mengatakan mereka menerima 15.100 karya yang memecahkan rekor tahun ini. Angelina Jolie membintangi film anak-anak 'Come Away' yang mengeksplorasi kisah Peter Pan dan Alice in Wonderland; Olivia Colman memerankan seorang putri yang berusaha merawat orang tua tuanya di 'The Father' dan Carey Mulligan adalah seorang wanita yang berusaha membalas dendam setelah peristiwa tragis dalam 'Promising Young Woman'.

Elisabeth Moss memerankan penulis horor Shirley Jackson di 'Shirley,' Ethan Hawke berperan sebagai penemu Serbia-Amerika Nikola Tesla di 'Tesla', sementara Benedict Cumberbatch adalah mata-mata selama Perang Dingin di "Ironbark."

Pada kategori dokumenter, karya Ron Howard 'Rebuilding Paradise' menunjukkan kebakaran hutan di California yang menghancurkan kota Paradise pada 2018; 'Be Water' mengeksplorasi kehidupan Bruce Lee, dan serial 'Hillary' berpusat pada cerita mantan Sekretaris Negara, Hillary Rodham Clinton.

Muncul pula dalam lineup nominasi, film Netflix lainnya yakni 'Crip Camp' sebuah dokumenter tentang kamp untuk remaja cacat dari Barack dan Michelle Obama's Higher Ground Productions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro