Benarkah Konsumsi Cokelat Bisa Buat Bahagia?

Cokelat hitam mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi yang mengurangi peradangan, suatu kondisi yang terkait dengan timbulnya depresi
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 09 Februari 2020  |  21:44 WIB
Benarkah Konsumsi Cokelat Bisa Buat Bahagia?
Cokelat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Cokelat sering kali dijadikan sebagai salah satu simbol untuk mengekspresikan kasih sayang kepada orang terdekat. Selain rasanya yang nikmat, coklat juga dapat meningkatkan suasana hati orang yang mengonsumsinya.

Berdasarkan penelitian, coklat, terutama coklat hitam mampu merangsang produksi endorphin yaitu sebuah bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Selain itu, kandungan serotonin, dan antidepresan yang ada pada coklat dapat meningkatkan mood seseorang.

Penelitian terbaru dari University College London terhadap lebih dari 13.000 orang, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi coklat hitam dalam dua kali 24 jam, lebih kecil kemungkinannya untuk melaporkan gejala depresi yang relevan secara klinis dibandingkan mereka yang tidak makan cokelat sama sekali. Atau dalam bahasa non-riset, makan cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Hal tersebut terjadi karena cokelat hitam mengandung bahan psikoaktif yang memberikan hasil rasa-baik, yaitu dengan adanya phenylethylamine, sebuah neuromodulator yang membantu mengatur suasana hati.

“Cokelat hitam juga mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi yang mengurangi peradangan, suatu kondisi yang terkait dengan timbulnya depresi,” ujar penelitian seperti dikutip dari https://www.inc.com/.

Social media influencer dan vlogger Edho Sell mengakui di tengah aktivitasnya sebagai seorang content creator, sering kali dirinya merasa stress karena harus memikirkan konten-konten yang kreatif. Untuk mengembalikan mood dan mengurangi stressnya tersebut, biasanya dia mengatasi dengan makan.

“Salah satu makanan kesukaan saya coklat karena memang coklat ini bisa bikin rileks dan membuat mood balik lagi,” ujarnya.

Selain itu, dia juga sering memberi cokelat kepada orang terdekat dan orang terkasih untuk mengekspresikan rasa sayangnya. Salah satunya ketika dirinya ingin menyampaikan rasa sayang kepada adik yang terpisah selama 20 tahun dengannya.

“Waktu pas ketemu itu kan momennya awkward banget. Gue pengen nunjukin kalau gue itu sayang sama adik gue, tapi kan nggak mungkin kalau peluk. Coklat bisa jadi salah satu caranya. Pas kebetulan coklat SilverQueen juga lagi ada kemasan khusus dengan tulisan #Give Thanks, jadi gue bisa ungkapin sayang sebagai abang dengan ini,” tuturnya.

Marketing Manager Perusahaan Industri Ceres Ivonne Adelina Dewi mengatakan selama ini coklat sering kali diasosiasikan sebagai ucapan sayang kepada pasangan. Namun, pada edisi valentine kali ini, pihaknya memperkenalkan kemasan khusus SilverQueen yang bisa diubah-ubah sesuai dengan peruntukannya yaitu #GiveLove, #GiveSmile, dan #GiveThanks.

“Kami ingin menginspirasi masyarakat untuk mengenali banyak makna cinta dan mengapresiasi dengan cara memberikan coklat kepada siapa saja melalui  kemasan khusus yang bertuliskan #GiveLove, #GiveSmile, dan #GiveThanks,” ujarnya.

SilverQueen yang sudah hadir sejak tahun 1950 ini, tersedia dalam tujuh varian, yaitu cashew, almond, fruit and nut, crispy, dark, white, dan green tea, mulai ukuran paling kecil 30gr hingga ukurang paling besar 1kg.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cokelat

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top