Ilustrasi/Slideshare
Relationship

Perkuat Hubungan Lewat Apresiasi

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 9 Februari 2020 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi mengungkapkan bahwa apresiasi dapat membuat orang menjadi lebih bahagia dan dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Apresiasi dalam sebuah hubungan baik percintaan, pertemanan juga keluarga perlu dilakukan untuk menjaga tetap baik.

Sayangnya tidak semua orang bisa memberikan apresiasi pada orang lain karena tidak terbiasa, malu dan beragam alasan lainnya. Apalagi, budaya di Indonesia juga cenderung masih kaku dalam mengungkapkan apresiasi pada orang tercinta. 

Ungkapan kasih sayang tidak terbatas hanya kepada pasangan, tapi lebih luas lagi seperti ke keluarga, lingkungan terdekat dan bahkan pihak lain yang ada di hidup kita. 

Apresiasi merupakan perasaan yang sangat penting karena membuat orang menjadi lebih bahagia dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Memberikan apresiasi atau mengungkapkan rasa cinta umumnya dilakukan orang dengan menunjukkan dari sikap bahwa mereka peduli pada orang tersayang.

Tapi, apresiasi juga bisa diberikan berupa benda seperti lewat bunga dan cokelat. Yah karena bunga dianggap sebagai lambang cinta sementara cokelat mengandung hormon endorfin yang mampu memunculkan rasa bahagia dan nyaman pada seseorang. Karenanya, cokelat selalu identik dengan ungkapan cinta, dimana filosofinya kita memberikan orang lain sesuatu yang bisa membuat mereka bahagia.

"Mengapresiasi bisa dilakukan mulai dengan cara yang sederhana seperti mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua, mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja atau hanya sekadar memberikan senyuman kepada orang lain yang berpapasan di jalan. Ada banyak makna cinta yang jika kita sadari dan apresiasi, akan membuat hidup menjadi lebih baik.” ujar Marketing Manager Perusahaan Industri Ceres, Ivonne Adelina Dewi  dalam kampanye #BanyakMaknaCinta yang digagas Silverqueen.

Khusus untuk kampanye kali ini, Ivonne Adelina Dewi menyampaikan, SilverQueen hadir dengan kemasan khusus dengan tulisan #GiveLove, #GiveSmile dan #GiveThanks. Dengan kemasan khusus ini masyarakat untuk bisa memberikan apresiasi kepada orang lain melalui cokelat. 

Social Media Influecer dan Family Vlogger, Edho Zell mengatakan, kegiatannya sehari-hari didukung oleh banyak pihak. Mulai dari keluarga terdekat, rekan kerja, hingga lingkungan sekitar seperti cameramen, adik saya sendiri dan tentunya istrinya.

Dia mengatakan kadang kita menerima semua dukungan mereka sebagai hal biasa saja hingga terkadang lupa mengapresisi. Padahal banyak sekali hal yang terlihat biasa tapi merupakan bentuk kasih sayang yang harus diapresiasi.

"Oleh karena itu, saya mulai mengajak orang untuk mengenali beragam bentuk kasih sayang dan mulai apresiasi dari sekarang. Harapannya, semakin banyak orang yang mengerti mudahnya mengenali dan menyampaikan rasa sayang dan apresiasi, tidak hanya pada orang terdekat, tapi juga kepada lingkungan sekitar. “ ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro