Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ivan Nestorman: Perjuangan Musik Etnis Kian Menantang

Sebagian besar kalangan masih menilai bahwa musik etnis cenderung kuno. Kondisi tersebut menjadi tantangan yang berat bagi musisi yang membawakan musik etnis.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  16:57 WIB
Ivan Nestorman (tengah) dan Gilang Ramadhan (kanan) ingin membangkitkan musik etnis. Sebab, musik etnis mampu menggairahkan industri pariwisata di Indonesia - Bisnis/Novita Sari Simamora
Ivan Nestorman (tengah) dan Gilang Ramadhan (kanan) ingin membangkitkan musik etnis. Sebab, musik etnis mampu menggairahkan industri pariwisata di Indonesia - Bisnis/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA - Perjuangan musik daerah untuk menembus pasar nasional terbilang berat. Hal ini yang dirasakan Ivan Nestorman, musisi asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Perjuangan musik dengan background etnis di Indonesia cukup berat," katanya saat hadir dalam acara Kamis Santuy yang digelar Bisnis Indonesia, Kamis (27/2/2020).

Kala itu, musik tradisional dengan bahasa daerah NTT yang dikenalkannya banyak ditolak oleh director radio bahkan di daerahnya sendiri. Radio enggan memutar musik khas daerah dan lebih memilih musik berbahasa Indonesia saja. 

"Di Indonesia agak unik. Bahasa Indonesia derajatnya lebih tinggi daripada bahasa daerah," imbuhnya.

Namun Ivan tidak mau menyerah. Dia berjuang agar musik tradisional dengan bahasa NTT diterima publik. Pada konferensi musik di Ambon kala itu, dia menyuarakan agar dibentuknya undang-undang mengenai musik. 

Radio nasional khususnya harus memiliki keberpihakan dan mengangkat etnis yang begitu besar di Indonesia sebagai pijakan dalam bermusik. "Kalau di dunia, istilahnya world musik," imbuhnya.

Dari kerja keras dan konsistensinya pada musik etnis,  siapa sangka Ivan kini dikenal dunia. Rencananya pada Maret mendatang dia akan membuat konser mini di Blok Mahakam Space sebagai pengingat kepada kaum milenial untuk selalu mengangkat musik Nusantara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik musik musisi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top