Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Daftar Musisi Indonesia yang Sukses di Kancah Internasional

Kemajuan industri musik dalam negeri tak lepas dari keberhasilan sejumlah musisi yang berhasil melenggang ke panggung internasional dan mencatatkan jejak karir yang terbilang sukses.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  14:29 WIB
Penyanyi Indonesia Agnez Mo tampil di Konser Lazada Super Party di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (26/3/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal
Penyanyi Indonesia Agnez Mo tampil di Konser Lazada Super Party di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (26/3/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Kemajuan industri musik dalam negeri tak lepas dari keberhasilan sejumlah musisi yang berhasil melenggang ke panggung internasional dan mencatatkan jejak karir yang terbilang sukses.

Berdasarkan sejumlah sumber yang dihimpun Bisnis, berikut ini adalah daftar 10 musisi Indonesia yang berhasil menembus kancah internasional.

1.     Anggun C. Sasmi

Anggun Cipta Sasmi merupakan penyanyi solo wanita yang lahir di Jakarta pada 29 April 1974. Dia memulai karir menyanyi dengan tampil di panggung Ancol pada usia yang masih sangat muda, yaitu 7 tahun. Pada 1986, Anggun merilis album anak-anak bertajuk “Dunia Aku Punya.” Artis cilik ini kembali menggemparkan blantika musik setelah merilis single dengan judul “Mimpi” pada 1989. Pada usianya yang ke 44 tahun, Anggun pun meninggalkan Indonesia dan menjadi penyanyi bertaraf internasional dengan bantuan produser asal Perancis, Erick Benzi. 

2.     Agnez Mo

Seperti halnya Anggun, Agnez Mo juga mengawali karir sebagai bintang cilik pada usia 6 tahun, dan meluncurkan sejumlah lagu anak-anak. Perempuan dengan nama lengkap Agnes Monica ini kemudian merilis album berjudul “And The Story Goes”. Jejak karir Agnez Mo merambah ke kancah internasional setelah pada 2005 dia berkolaborasi dengan Keith Martin. Hal itu berlanjut, pada 2010 Agnez Mo menjadi salah satu pembawa acara pada penghargaan America Music Awards dan tahun berikutnya berkolaborasi dengan Michael Bolton menyanyikan lagu “Said I Love You…But I Lied.”

Agnez Mo semakin mendapat perhatian di Amerika Serikat sejak lagunya "Overdose" bersama Chris Brown sukses menduduki tangga lagu Billboard. Mantan penyanyi cilik ini juga sukses dengan lagu "Coke Bottle" yang juga berhasil masuk di Top 50 Uncharted Billboard Worldwide. Akhir 2019, Agnez Mo merilis lagu berjudul "Nanana" yang langsung membuatnya jadi trending topic di Twitter. Lagu ini juga masuk dalam charts iTunes top 200 HipHop/Rap di Australia.

3.     Sandhy Sandoro

Penyanyi solo yang terkenal dengan hits “Tak Pernah Padam” ini aktif bermusik sejak usia 18 tahun dengan memutuskan hijrah ke California, AS. pria kelahiran Jakarta ini pun mulai menyanyi dari pub ke pub. Berkat dukungan teman-temannya, Sandhy ikut ajang pencarian bakat di Jerman. Semakin dikenal publik, pada 2011, Sandhy memboyong tiga piala di ajang AMI Award. Pada 2018, Sandhy juga memperoleh penghargaan untuk kategori musik popular dalam ajang The First Ceremony of the International Professional Music Awards “Bravo” yang digelar di The State Kremlin Palace, Moskow, Rusia.

4.     Dira Sugandhi

Alumnus Jurusan Musik Universitas Pelita Harapan ini mulai menyanyi sejak kecil. Pada usia ke 9 tahun, Dira menjuarai kompetisi menyanyi anak-anak. Perempuan kelahiran Bandung, 29 Juli 1979 ini pun langganan mengisi festival musik jazz di Jakarta. Dira pernah diajak tur keliling Indonesia oleh grup musik jazz asal Inggris. Saat ini, Dira semakin dikenal baik di Jakarta maupun mancanegara. 

5.     Daniel Sahuleka

Penyanyi berdarah Sunda - Ambon ini menetap di Belanda sejak 1960-an. Dia pun mulai meluncurkan album pada 1976 dengan judul “You Make My World So Colorful.” Beberapa tahun sesudahnya, Daniel meluncurkan single “Don’t Sleep Away the Night.” Lagu inilah yang membawa Daniel terkenal sampai ke negeri Paman Sam. 

6.     Rich Brian

Rich Brian dengan nama asli, Brian Imanuel adalah seorang penyanyi rap. Rich Brian mengakui awalnya tata bahasa Inggrisnya masih kacau. Namun, dia pun berhasil menguasai bahasa Inggris karena terus berlatih.

Dia sempat mengubah nama menjadi Rich Chigga pada 2017 dan memutuskan menggunakan nama Rich Brian menjelang peluncuran albumnya Amen pada Februari 2017. Pada 2019, dia pun memulai duet dengan artis K-Pop Chung Ha dengan agu "These Night". Pencapaian ini semakin melambungkan nama Rich Brian dalam blantika musik internasional.

7.     NIKI

NIKI alias Nicole Zefanya merupakan penyanyi asal Indonesia yang sukses di negeri Paman Sam. Nama NIKI melambung setelah bergabung dengan label musik 88rising bersama Rich Brian. Perempuan kelahiran 24 Januari 1999 ini sempat tampil sebagai penyanyi pembuka dalam konser Taylor Swift "The Red Tour" di Jakarta 2014 lalu. Karir NIKI kian bersinar setelah pindah ke Amerika Serikat.

8.     Stephanie Poetri

Penyanyi yang terkenal dengan lagu “I Love You 3000” ini memiliki rekam jejak yang mirip dengan Rich Brian. Stephanie yang juga merupakan putri dari penyanyi kondang Titi DJ ini menjadi viral berkat lagu tersebut karena masuk dalam posisi teratas Global Viral 50 Spotify. Lagu "I Love You 3000" juga diubah dan dimasukkan dalam album solo Jackson, Mirrors. Dia juga berduet dengan Jackson Wang, anggota boyband Korea, Got7. Selain itu, Stephanie juga termasuk dalam daftar penyanyi yang tampil di ajang musik Head in the Clouds Festival 2019 di Historic Park, Los Angeles, Amerika Serikat.

9.     Claudia Emmanuela

Gadis kelahiran Cirebon, Jawa Barat ini menemukan keberuntungan karirnya di Jerman setelah lolos pada ajang The Voice of Germany 2019. Dalam ajang tersebut, dia membawakan lagu ‘I Have Nothing’ milik Whitney Houston. 

10. Andmesh Kamaleng

Laki-laki berdarah Nusa Tenggara Timur ini pada 2019 berhasil meraih penghargaan Best Asian Artist Indonesia yang diselenggarakan oleh acara penghargaan musik Mnet Asian Music Award (MAMA) 2019. Pelantun lagu ‘Nyaman’ ini mengikuti jejak sejumlah artis Indonesia yang pernah meraih MAMA seperti Raisa Andriana dan Marion Jola.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyanyi musisi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top