Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Musisi Indonesia dengan Penjualan Album di Atas 1 Juta Kopi

Kiprah mereka kerap menjadi sorotan publik karena mendulang popularitas tak lagi diukur dari album terlaris dan penjualan terbanyak.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  14:23 WIB
Artis Super Junior Lee Teuk (kiri) bersama penyanyi Rossa saat acara penandatanganan kerja sama strategis antara Transmedia dengan SM Entertainment Group di Jakarta, Kamis (21/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Artis Super Junior Lee Teuk (kiri) bersama penyanyi Rossa saat acara penandatanganan kerja sama strategis antara Transmedia dengan SM Entertainment Group di Jakarta, Kamis (21/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika kita kembali pada kurun waktu 20 tahun yang lalu, industri musik di Indonesia masih memberikan penilaian dan apresiasi pada musisi berdasarkan indikator jumlah album terlaris. 

Bisnis.com mencatat, ada lima musisi atau grup band yang berhasil membuahkan album terlaris lebih dari 1 juta kopi.

1.     Peterpan atau Noah

Dua grup band dengan vokalis yang sama, Ariel, memang harus diakui banyak mencuri hati pecinta musik Tanah Air. Bagaimana tidak, muncul album Peterpan yang berjudul Bintang di Surga pada 2004 terjual sampai 3,2 juta kopi. Selain itu, Peterpan mengukir sejarah saat meluncurkan album untuk soundtrack film Alexandria, serta sejumlah lagu lawas dengan total penjualan 1,9 juta kopi. Album terakhir band yang kini bernama Noah adalah ‘Seperti Seharusnya’ juga berhasil meraup penjualan 1,9 juta kopi.

2.     Indah Dewi Pertiwi

Sebelum Raisa Andriana ataupun Isyana Sarasvati, penyanyi solo perempuan, Indah Dewi Pertiwi tercatat telah mengukir kesuksesan melalui album perdananya yang berjudul Hipnotis pada 2010 lalu. Album ini berhasil terjual hingga 2 juta kopi.

3.     Sheila on 7

Bagi Generasi90-an, Sheila on 7 bukanlah grup musik yang asing bagi mereka. Sekelompok anak muda asal Yogyakarta ini membuat sejarah melalui album-albumnya yang laris manis di pasar. Album keduanya, Kisah Klasik untuk Masa Depan yang rilis pada tahun 2000 berhasil terjual sebanyak 1,7 juta kopi. Tak heran judul lagu itu masih banyak menjadi cover lagu bagi sejumlah artis pendatang baru sampai saat ini.

4.     Dewa 19

Grup musik besutan Ahmad Dhani ini sudah berjaya sejak vokalis Ari Lasso sampai Elfonda Mekel alias Once. Memang,  album Dewa 19 berjudul ‘Bintang Lima’, berhasil laris manis ketika mereka ditinggalkan sang vokalis berkarakter Ari Lasso. Masuknya Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros pada posisi drum, memberikan warna baru bagi Dewa 19. Sejumlah lagu seperti “Roman Picisan, “Risalah Hati”, “Sayap-sayap Patah” hingga “Separuh Nafas” jadi hits. Alhasil, Dewa 19 pun dinobatkan sebagai salah satu band terlaris dengan penjualan mencapai 1,7 juta kopi.

5.     Rossa

Penyanyi solo perempuan ini tercatat melalui album “The Best of Rossa” yang rilis 2011, membawanya pada kesuksesan. Pasalnya, lagu-lagu hits yang dikumpulkan dari album-album sebelumnya berhasil terjual hingga 1,5 juta kopi.

Itulah lima nama atau grup band yang pernah menggegerkan kancah musik Indonesia. Meski demikian dalam 10 tahun terakhir, industri musik Tanah Air tetap kehadiran sejumlah musisi muda. Kiprah mereka kerap menjadi sorotan publik karena mendulang popularitas tak lagi diukur dari album terlaris dan penjualan terbanyak.

Kini, popularitas para musisi terukur bukan dari penjualan album, tetapi dari seberapa banyak lagu mereka diputar dalam aplikasi gawai berbasis platform digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top