Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan dua orang WNI positif Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden
Health

Menkes Terawan Sebut Virus Corona Bisa Dilawan Pakai Imun Tubuh

Muhammad Khadafi
Senin, 2 Maret 2020 - 20:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa Virus Corona atau Covid-19 termasuk dalam self limited disease atau penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun hal ini dengan catatan kondisi tubuh dalam keadaan kuat. 

“Harus diingat ini penyakit self limited disease, penyakit yg bisa sembuh sendiri. Sama seperti virus lain,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dengan demikian Terawan meminta masyarakat tidak terlampau panik menyikapi wabah Covid-19. Hal ini menyusul dua orang warga negara Indonesia yang kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta karena positif Covid-19. 

Sedari awal wabah Covid-19 merebak, kata Terawan, dia selalu mengingatkan untuk mengimplementasikan gaya hidup sehat. Secara langsung hal ini akan berimbas pada penguatan imun tubuh. 

Dia melanjutkan, bila masyarakat mengalami gejala seperti batuk, sesak nafas, dan demam, dapat langsung mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Terawan memastikan semuga tenaga medis sudah siap. 

Sementara itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan penanganan wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia sudah mengikuti protokol kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sejak awal pemerintah melakukan bekerja sama dengan perwakilan WHO yang ada di Jakarta.

Adapun saat ini pemerintah Indonesia telah mengonfirmasi dua orang WNI terinfeksi virus Covid-19 per 1 Maret 2020. Kedua orang yang merupakan ibu dan anak tersebut kini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta. 

Diketahui, penyakit tersebut ditularkan oleh seorang warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia pada medio Februari 2020. Saat ini warga negara Jepang tersebut berada di Malaysia dan telah dinyatakan positif Covid-19. 

Berdasarkan peta penyabaran Covid-19, per Senin (2/3/2020), pukul 17.30 WIB, terdapat 89.197 orang yang terjangkit virus. Sebanyak 3.048 orang di antaranya telah meninggal dunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro