Ini 31 Negara yang Laporkan Kesembuhan Pasien Virus Corona

Penyebaran virus corona yang sangat cepat menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Namun, bukan berarti pasiennya tidak bisa sembuh.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  12:25 WIB
Ini 31 Negara yang Laporkan Kesembuhan Pasien Virus Corona
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang yang baru tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Penyebaran virus corona belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Indonesia pun mengumumkan dua pasien COVID-19 di dalam negeri.

Mengacu ke data yang dikumpulkan Johns Hopkins University dari WHO, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, serta sejumlah komisi kesehatan China, per Selasa (3/3/2020) pukul 11.30 WIB, jumlah korban meninggal akibat virus corona sudah menembus 3.117 orang di seluruh dunia. Dari jumlah itu, sebanyak 2.944 kasus di antaranya terjadi di China daratan.

Secara keseluruhan, ada 90.933 kasus yang sudah dikonfirmasi di seluruh dunia. Di China daratan saja, ada 80.151 kasus.

Namun, banyaknya kasus virus corona ini tidak serta merta menunjukkan bahwa pasien yang terinfeksi tak bisa sembuh. Berdasarkan sumber data yang sama, ada 47.995 orang yang sudah sembuh total.

Tidak hanya di China daratan, para pasien yang sudah sembuh ini juga berada di berbagai negara. Berikut daftar negara-negara yang melaporkan kesembuhan pasien virus corona seperti dikutip Bisnis:

China
Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China diyakini menjadi lokasi pertama penyebaran virus corona. Data dari Johns Hopkins University menyebutkan hingga kini, ada 67.217 kasus yang sudah terkonfirmasi di provinsi tersebut, menjadikannya sebagai lokasi paling parah di seluruh dunia. Di sisi lain, tercatat ada 36.167 pasien yang telah pulih di Hubei.

Untuk China daratan secara keseluruhan, sebanyak 47.203 pasien sudah sembuh. Adapun total kasus yang tercatat mencapai 80.151 orang.

Iran
Iran menjadi negara dengan jumlah kesembuhan pasien tertinggi kedua setelah China, dengan 291 pasien yang telah pulih. Sementara itu, jumlah kasus yang terkonfirmasi di negara Timur Tengah tersebut sebanyak 1.501.

Italia
Negara Eropa Tengah ini menjadi perhatian dunia setelah angka kasus virus corona yang dilaporkan tiba-tiba meningkat. Italia, dengan 2.036 kasus, juga menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi di Benua Biru.

Hingga kini, ada 149 pasien yang sudah sembuh dari virus corona.

Singapura
Sebanyak 78 pasien virus corona di Negeri Singa telah dinyatakan sembuh. Angka ini terbilang tinggi karena jumlah kasus infeksinya tercatat sebanyak 108.

Hong Kong
Kota pelabuhan yang menganut One Country, Two Systems dengan China ini melaporkan 100 kasus infeksi virus corona. Wabah COVID-19 menjadi pukulan tambahan bagi Hong Kong setelah mengalami resesi ekonomi pada 2019, sebagai dampak gelombang unjuk rasa yang berlangsung hampir sepanjang tahun.

Data Johns Hopkins University menyebutkan ada 36 pasien virus corona yang sudah sembuh di Hong Kong.

Jepang
Kasus penyebaran virus corona di Jepang ramai setelah penumpang kapal Diamond Princess diketahui terinfeksi. Tercatat ada 274 kasus infeksi virus tersebut di Negeri Sakura dan 32 pasien telah dinyatakan sembuh.

Thailand
Jumlah pasien yang sembuh di Thailand juga tergolong tinggi dibandingkan angka kasus yang terjadi. Ada 31 pasien yang sudah sembuh, sedangkan total kasusnya sebanyak 43.

Korea Selatan
Korea Selatan melaporkan jumlah kasus yang tiba-tiba melonjak setelah diketahui ada warganya yang terinfeksi virus corona tapi tidak melapor dan tetap beraktivitas seperti biasa. Pasien terkait kemudian disebut sebagai super spreader karena sebagian besar kasus terkait dengannya.

Negeri Ginseng menjadi negara kedua setelah China dengan jumlah kasus tertinggi, menembus 4.812. Namun, bukan berarti tidak ada pasien yang berhasil sembuh. Hingga kini, ada 30 orang yang telah pulih.

Malaysia
Dari 29 kasus infeksi, sebanyak 18 pasien sudah berhasil sembuh.

Jerman
Tercatat ada 165 kasus infeksi virus corona di Jerman. Hingga kini, sebanyak 16 pasien telah pulih.

Vietnam
Vietnam mungkin bisa menjadi contoh dalam merawat pasien virus corona. Dari 16 kasus infeksi, seluruhnya sudah dinyatakan sembuh.

Prancis
Prancis adalah salah satu negara Eropa yang pertama kali melaporkan adanya kasus virus corona. Hingga kini, ada 191 kasus yang sudah dilaporkan dan 12 pasien telah dinyatakan sembuh.

Taiwan
Taiwan melaporkan 41 kasus infeksi virus corona. Hingga kini, sebanyak 12 pasien sudah dinyatakan sembuh.

Makau
Kota dengan sistem administrasi seperti Hong Kong itu melaporkan 10 kasus. Hingga kini, sebanyak 8 orang telah dikonfirmasi sembuh.

Inggris
Tercatat sebanyak 40 kasus infeksi virus corona terjadi di negara ini. Sampai saat ini, ada 8 pasien yang sudah sembuh.

Uni Emirat Arab
Tercatat ada 5 pasien virus corona yang telah dinyatakan sembuh di negara Timur Tengah itu. Secara keseluruhan, ada 21 kasus infeksi yang dikonfirmasi.

Australia
Ada 11 pasien virus corona yang telah pulih sepenuhnya di Negeri Kangguru. Secara total, ada 31 kasus infeksi di negara itu.

Kanada
Data Johns Hopkins University menyebutkan ada 27 kasus infeksi virus corona yang telah dikonfirmasi. Sebanyak 6 pasien sudah dinyatakan sembuh.

India
India melaporkan 5 kasus virus corona. Hingga kini, 3 pasien telah pulih.

Rusia
Sebanyak 3 kasus virus corona telah dikonfirmasi terjadi di Rusia. Sebanyak 2 pasien sudah dinyatakan sembuh.

Spanyol
Mengacu ke data Johns Hopkins University, Spanyol mencatatkan 120 kasus virus corona. Sampai saat ini, sudah ada 2 pasien yang sembuh.

AS
Ada 105 kasus virus corona yang sudah tercatat di AS. Sebanyak 7 pasien dilaporkan telah pulih.

Belgia
Ada 8 kasus virus corona yang dilaporkan terjadi di Belgia. Sebanyak 1 pasien sudah dinyatakan sembuh.

Kamboja
Negara Asia Tenggara ini melaporkan 1 kasus virus corona. Namun, pasien tersebut telah dinyatakan pulih.

Mesir
Mesir melaporkan 2 kasus virus corona. Sampai saat ini, 1 pasien sudah sembuh.

Finlandia
Ada 6 kasus virus corona yang tercatat terjadi di Finlandia. Hingga kini, 1 pasien telah dinyatakan sembuh.

Israel
Ada 10 kasus virus corona yang dilaporkan terjadi di Israel. Sampai saat ini, 1 pasien sudah dinyatakan pulih.

Nepal
Nepal mengonfirmasi 1 kasus virus corona dan pasien tersebut telah pulih.

Oman
Ada 6 kasus virus corona yang terjadi di Oman. Sebanyak 1 pasien telah dinyatakan sembuh.

Filipina
Sebanyak 3 kasus virus corona dikonfirmasi terjadi di Filipina. Sampai saat ini, sudah ada 1 pasien yang sembuh.

Sri Lanka
Negara Asia Selatan itu melaporkan 1 kasus virus corona dan pasien terkait sudah sembuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top