Larva lalat tentara hitam dan kue ditampilkan di Universitas Ghent, Belgia pada 27 Februari 2020./Antaranews
Kuliner

Apa Rasa Kue dari Bahan Baku Minyak Larva?

Newswire
Selasa, 3 Maret 2020 - 14:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti menemukan bahwa minyak dari larva serangga lebih baik dibandingkan dengan produk susu. Bahkan, ada juga yang menjadikan serangga sebagai bahan baku makanan.

Peneliti di Universitas Ghent Belgia, bereksperimen dengan lemak larva untuk menggantikan mentega dalam waffle, kue dan biskuit. Waffle dari Belgia akan lebih ramah lingkungan.

Dilansir Antara, mereka mengatakan minyak dari serangga lebih berkelanjutan dibandingkan produk susu.

Dibalut celemek putih, para peneliti mencelupkan larva lalat tentara hitam dalam semangkuk air, memasukkannya ke blender yang menghasilkan lendir halus abu-abu lalu menggunakan "centrifuge" untuk memisahkan mentega serangga.

"Ada beberapa hal positif dari memanfaatkan serangga jadi bahan baku," kata Daylan Tzompa Sosa yang mengawasi penelitian.

"Mereka lebih berkelanjutan karena (serangga) menggunakan lebih sedikit lahan (dibandingkan sapi), mereka lebih efisien dalam mengubah pangan dan mereka juga menggunakan lebih sedikit air untuk menghasilkan mentega," ujar Tzompa Sosa saat menyodorkan kue dari mentega serangga.

Menurut peneliti, konsumen tidak menyadari ada perbedaan ketika seperempat mentega dari susu dalam kue diganti dengan lemak larva.

Kendati demikian, mereka melaporkan ada rasa yang berubah saat perbandingan diganti menjadi 50:50 dan konsumen tidak mau membeli kue itu.

Makanan dari serangga kaya vitamin, protein, serat dan mineral. Ilmuwan di Eropa menganggap serangga sebagai alternatif produk hewani yang murah dan ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro