Ilustrasi/millardk12.org
Health

Viral Video Pelecehaan Siswi, Ini Cara Didik Anak Agar Tak Jadi Pelaku Bullying

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 10 Maret 2020 - 16:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Viralnya video pelecehan seksual terhadap seorang siswi SMA di media sosial membuat geram warga net. Pasalnya pelecehan tersebut dilakukan secara ramai-ramai kepada seorang siswi.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum menyebutkan bahwa dari sisi orang yang melakukan perundungan sebetulnya masih bisa dididik dengan benar sedari kecil.

"Kita sebagai orang tua kalau mendidik anak harus tegas batasannya, mana yang boleh mana yang enggak dari kecil dibiasakan seperti itu, belajar bahwa semua tindakan yang dilakukan ada imbasnya. Jangan nggak apa-apa kok bercanda nanti didalam pikiran mereka nggak apa apa itu memang bercanda, atau saya akan melakukan sesuatu terhadap perempuan toh saya bisa bilang itu bercanda," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (10/3/2020).

Rosdiana menambahkan ada juga beberapa poin yang bisa diajarkan oleh para orang tua seperti jangan cuma berani kalau beramai-ramai seperti begal ramai-ramai melakukan kejahatan pada orang itu contoh yang salah

"Satu lagi yang harus diajarin orang tua dari kecil itu saling menghormati, jangan misalnya mentang-mentang laki-laki bisa menghina perempuan atau perempuan bisa menghina laki-laki," tuturnya.

Ia menyayangkan kejadian ini bisa terjadi, karena tindakan mengeroyok orang memang dikategorikan kriminal. Apabila video ini diambil di kelas sangat disayangkan bahwa tidak adanya sistem perlindungan dari teman-teman yang lain atau pada gurunya.

Sebagai informasi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Bintang Puspayoga sudah mencermati dan merasa prihatin dengan video viral tentang perundungan (bullying) terhadap pelajar perempuan yang sangat meresahkan masyarakat. Kejadian tersebut diduga terjadi di salah satu institusi pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro