6 Tips Mengajari Anak Kebiasaan Hidup Sehat

Virus corona (Covid-19) menyerang segala lapiran umur, termasuk anak-anak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  16:15 WIB
6 Tips Mengajari Anak Kebiasaan Hidup Sehat
Ilustrasi ibu dan anak remaja - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona baru (Covid-19) menimbulkan banyak kekhawatiran di masyarakat karena banyak hal yang belum bisa diprediksi terkait penyebaran virus ini.

Virus Covid-19 ini menyerang semua orang, termasuk anak-anak. Bagaimana menginformasikan pada mereka, termasuk kebiasaan hidup sehat untuk mencegah penyakit ini?

Psikolog Rose Mini Agoes Salim mengatakan bahwa pemberian informasi mengenai virus corona ini secara konten sama dengan orang dewasa. Namun, yang membedakan ialah disarankan memilih media informasi yang mudah diterima mereka.

"Kalau anaknya masih kecil bisa kita lakukan dengan menonton video penjelasan virus corona dengan gambar yang menarik, selain itu orang tua juga bisa membuat boneka model virus sebagai alat peraga," kata Rose Mini dalam konferensi pers online yang diadakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kamis 18 Maret 2020.

Sementara anak usia sekolah bisa dilakukan melalui diskusi dengan cara mengelaborasi informasi apa yang lebih dulu mereka ketahui.

Informasi mengenai penyebaran Covid-19 sangat berdampak pada orang dewasa karena banyak kecemasan yang ditimbulkan, begitu pun dengan anak. Namun Rose Mini menyarankan agar orang tua tidak menularkan kecemasan yang berlebihan kepada anak.

"Secara teknis jangan kasih informasi kalau kena corona akan mati, beri pemahaman bahwa virus corona bisa disembuhkan dan dicegah dan tidak lupa memberikan info yang sudah sembuh," ucapnya.

Sampaikan juga kepada anak bahwa virus corona bisa dicegah. Ini bisa menjadi momen penting mengajak anak menjalankan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah pemahaman secara umum virus corona, katakan kepada anak langkah-langkah pencegahan yang bisa mereka lakukan.

Berikut pencegahan informatif yang bisa disampaikan kepada anak seperti yang disarankan Rose Mini

1. Rutin mencuci tangan tidak hanya di bawah keran tapi benar-benar bersih sesuai imbauan

2. Gunakan masker saat anak sakit

3. Mulai terapkan tidak ke luar rumah dan jelaskan alasannya bahwa bertemu dengan orang lain yang berpotensi menularkan.

4. Jaga jarak dengan orang lain, tidak boleh bersalaman

5. Sebaiknya tidak memegang wajah, telinga, mulut tanpa cuci tangan

6. Tidak boleh main ke luar, ke rumah tetangga, apalagi ke mal

Rose Mini juga mengimbau agar waktu belajar di rumah selama 14 hari ini bisa efektif digunakan orang tua untuk mengedukasi tentang virus corona. Beri pengertian kepada anak mengapa mereka harus belajar di rumah.

"Pindah belajar di rumah bukan arti liburan, beri pemahaman bahwa di akhir pekan pun mereka tidak boleh jalan ke luar rumah karena bisa berisiko tertular dan menularkan orang lain," kata Rose Mini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona, covid-19

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top