Rachel Venya/Instagram-foto diolah
Entertainment

Artis Ramai-ramai Galang Dana untuk Corona, Ada yang Tembus Rp5 Miliar  

Reni Lestari
Sabtu, 21 Maret 2020 - 20:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Makin mewabahnya virus corona di Indonesia, disertai kelangkaan alat pelindung diri (APD) bagi para petugas medis,  mendorong sejumlah artis dan tokoh publik melakukan penggalangan dana. Salah satunya melalui platform kitabisa.com.

Sebut saja youtuber kenamaan, Atta Halilintar yang meluncurkan penggalangan dana sejak 17 Maret 2020. Adapun, dengan target dana terkumpul Rp500 juta, laman penggalangan dana Atta kini sudah mencapai sekitar Rp201 juta.

"Aku bikin penggalangan dana ini supaya bisa bantu petugas kesehatan dan masyarakat kecil yang rawan terkena corona.  Buat bantu mereka,  kamu bisa donasi cuma mulai Rp1.000 kok," tulis Atta pada deskripsi penggalangan dana, seperti dikutip Sabtu (21/3/2020).

Tokoh publik lain, artis peran Chaty Sharon juga berhasil mengumpulkan dana hingga Rp483 juta. Chaty mengkhususkan penggalangam dananya untuk bantuan sarung tangan bagi pekerja medis. 

Ada pula penyanyi Rizky Febian, Maia Estianty, dan Editor In Chief Billboard Indonesia Adib Hidayat. Adapun, selebgram Rachel Vennya berhasil mengumpulkan Rp5,6 miliar dari target Rp7 miliar. 

"Yuk, teman-teman semua kita bantu melindungi pekerja medis dan informal dari COVID-19 dengan berdonasi mulai dari Rp 1.000 (Bisa pakai GoPay juga). Insya Allah, donasi kita akan membawa berkah untuk kita dan keluarga, amin," tulis Rachel. 

Akun resmi kitabisacom sendiri pun menghimpun donasi untuk penanganan wabah corona.  Selain itu,  sejumlah lembaga yang juga melakukan upaya serupa antara lain,  Rumah Zakat,  Aksi Cepat Tanggap (ACT),  Dompet Dhuafa,  dan lain-lain. 

Sementara itu per hari ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif corona mengalami peningkatan 81 kasus menjadi 450 orang.

Dari jumlah tersebut, 20 orang dinyatakan sembuh dan 38 orang lainnya meninggal dunia. Pemerintah juga menyatakan akan segera menyelenggarakan test massal pada 600.000 hingga 700.000 warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro