Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Tirta: Warga Wajib Gunakan Masker Kain

Untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), masker kain menjadi alternatif solusi di tengah mahalnya masker medis.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  14:33 WIB
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Tirta Mandira Hudhi atau yang biasa dikenal dengan Dokter Tirta menyampaikan kepada masyarakat untuk menggunakan masker kain guna menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemakaian masker kain dianjurkan seiring penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas. Terlebih, penelitian baru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut bahwa virus ini bisa bertahan selama 17 hari di permukaan.Anjuran dokter Tirta disampaikan usai melakukan rapat terbatas dengan staf khusus presiden, Adamas Belva Syah Devara.

"Penelitian terbaru ternyata berubah. CDC akan membuat anjuran bahwa setiap orang wajib memakai masker. Tapi untuk orang awam dipersilahkan memakai masker DIY yang dilakukan menggunakan bahan lokal dari kain," katanya melalui pesan suara yang disebarkan kepada awak media, Senin (20/3/2020).

Masker kain katanya memang tidak bisa mencegah virus masuk tapi dia bisa mencegah virus yang dibawa carrier atau orang yang terinfeksi Covid-19 tapi tidak bergejala untuk menularkan sebanyak 72 persen.

"Jadi turun sampai 72 persen. Jadi, semua orang wajib memakai masker yang dari kain. Sehingga masker medis hanya digunakan untuk orang-orang dari tenaga medis," tegasnya.

Pemerintah kata Dokter Tirta telah meminta tolong kepadanya untuk mengajak seluruh influencer guna mengedukasi masyarakat untuk memakai masker kain. "Penelitian CDC masker kain ternyata bisa mengurangi rate infection sampai 72 persen," imbuhnya.

Masker kain tentunya bisa digunakan berkali-kali ketimbang masker bedah. Jadi masyarakat tidak perlu berburu masker bedah untuk melindungi diri dari virus Corona.

Untuk cara penggunaannya, Tirta mengatakan agar setiap orang minimal memiliki 5 masker kain. Sehingga, lanjut dia, dalam 5 hari, masker yang dipakai berbeda. Sementara untuk akhir pekan bisa menggunakan masker hari Senin.

"Cara mencucinya sehari sekali menggunakan air panas dan detergen," tambahnya.

Sementara itu, dari rapat dengan staf khusus presiden disampaikan bahwa usul karantina wilayah telah disetujui. "Jakarta mulai hari Senin akan di lockdown semua dari tidak bisa masuk dan keluar masuk di Jakarta," sebut Tirta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top