Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lensa Kontak Tidak Disarankan Saat Pandemi Covid-19

Mata, hidung, dan mulut semuanya memiliki membran mukosa di tempat-tempat seperti hidung dan tenggorokan, yang menyediakan rute bagi virus untuk masuk ke dalam tubuh. Setelah di dalam tubuh, virus mulai bereplikasi, sampai akhirnya membanjiri tubuh dengan partikel virus.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  10:52 WIB
Softlens - dailymail
Softlens - dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan lensa kontak saat pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19 tidak disarankan lantaran meningkatkan potensi terinfeksi virus tersebut.

Dilansir dari Insider pada Selasa (31/3/2020) American Academy of Ophthalmology--sebuah asosiasi medis yang terdiri dari 32.000 dokter mata-- menyarankan agar pemakai lensa kontak beralih ke kacamata untuk sementara waktu. Pasalnya ada kemungkinan Anda bisa terinfeksi lewat ketika menyentuh mata menggunakan jari yang menjadi tempat menempelnya partikel virus.

Walaupun partikel-partikel itu lebih sering terhirup dan masuk melalui mulut dan hidung, tetapi mereka punya kemungkinan mereka melalui mata.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir secara berlebihan. Karena pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) mengatakan cara tersebut tidak dianggap sebagai cara utama penyebaran virus.

Mata, hidung, dan mulut semuanya memiliki membran mukosa di tempat-tempat seperti hidung dan tenggorokan, yang menyediakan rute bagi virus untuk masuk ke dalam tubuh. Setelah di dalam tubuh, virus mulai bereplikasi, sampai akhirnya membanjiri tubuh dengan partikel virus.

"Pertimbangkan untuk menggunakan kacamata lebih sering, terutama jika Anda cenderung sering menyentuh mata ketika kontak Anda berada. Mengganti kacamata untuk lensa dapat mengurangi iritasi dan memaksa Anda untuk berhenti sebelum menyentuh mata Anda," saran Dr. Sonal Tuli dalam pernyataan itu.

Dia menambahkan bahwa kacamata dapat memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap virus.

Sebuah penelitian pada bulan April 2019 yang diterbitkan dalam Lensa Kontak dan Mata Anterior mencatat bahwa kebersihan tangan yang benar sangat penting bagi orang yang memakai lensa kontak. Menurut CDC, mengenakan lensa kontak dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi mata - terutama jika Anda tidak merawatnya dengan cara yang benar.

CDC merekomendasikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum memegang lensa, menjauhkan lensa dari semua air, yang dapat membiarkan kuman, dan membersihkan lensa dengan benar. Dan jangan mengabaikan casing lensa kontak, yang juga membutuhkan pembersihan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lensa kontak Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top