Tenaga medis menggunakan pakaian pelindung khusus saat merawat pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, di Wuhan, Provinsi Hubei, China Senin(27/1/ 2020). China Daily via Reuters
Health

11 Pertanyaan Penting Soal Virus Corona yang Belum Jelas Jawabannya

Syaiful Millah
Selasa, 31 Maret 2020 - 11:32
Bagikan

Darimana Asal Virus dan Jumlah Pasti Orang Terinfeksi

1. Dari mana tepatnya virus berasal?

Para peneliti cukup yakin bahwa virus SARS-CoV-2 berkembang pada hewan kelelawar. Tes laboratorium menunjukkan bahwa dia memiliki sekitar 80 persen genom yang mirip dengan SARS, virus yang juga berasal dari keleawar dan memicu epidemi pada 2000an awal.

Akan tetapi, hal yang masih belum jelas adalah bagaimana virus tersebut bisa melompat dari keleawar ke manusia. Dalam kasus SARS, musang adalah inang hewan perantara. Adapun dalam kasus kali ini, para peneliti mencurigai bahwa musang, babi, ular, atau trenggiling kemungkinan menjadi inang baru dari virus.

Hal ini penting diketahui untuk memahami bagaimana penyakit zoonosis baru berevolusi dan menyebar, sehingga ke depannya ilmuwan dapat melakukan penelusuran yang lebih baik dan melakukan perawatan untuk penyakit baru yang muncul.

2. Berapa banyak orang yang sebenarnya terinfeksi COVID-19?

Penghitungan global kasus infeksi, kematian, dan pemulihan yang dirilis di situs-situs peneliti atau pemerintah hanya mencerminkan angka yang telah dikonfirmasi. Para peneliti menduga bahwa jumlah kasus sebenarnya jauh lebih besar.

Untuk setiap orang yang dinyatakan positif, mungkin ada 5 hingga 10 kali lebih banyak kasus yang tidak terdeteksi. Sebuah studi yang terbiat pada pertengahan Maret di jurnal Science menemukan hal ini terjadi karena kapasitas pengujian yang masih sedikit dibandingkan dengan laju penyakit.

Hal ini penting diketahui untuk melakukan penilaian secara akurat yang bisa membantu para peneliti untuk lebih memahami penyebaran virus corona, tingkat kematian, prevalensi pembawa asimpotomatik, dan faktor lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro