Pemakaman umum./Ilustrasi
Health

11 Pertanyaan Penting Soal Virus Corona yang Belum Jelas Jawabannya

Syaiful Millah
Selasa, 31 Maret 2020 - 11:33
Bagikan

Penyebab Penyebaran dan Kematian

3. Apa yang membuat virus corona begitu cepat menyebar?

Virus adalah partikel kecil yang mampu berevolusi dan mengembangkan diri mereka dengan membahak sel-sel hidup dari inangnya. Penelitian menunjukkan bahwa satu orang yang terinfeksi, rata-rata menyebarkan virus ke 2,2 orang lainnya.

Kendati begitu para peneliti belum memahami secara mendalam kenapa virus ini penyebarannya sangat efektif. Salah satu hipotesis yang diajukan adalah protein permukaan virusnya yang memungkinkan virus menempel pada sel inang dan menginvasi sel ini. SARS-CoV-2 dilaporkan menginfeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah.

Adapun, memahami hal ini akan menjadi penting untuk mengetahui bagaimana virus menyebar dan melakukan pencegahan efektif atas penyebaran itu. Ini juga penting untuk mengatasi perilaku penyebaran sehingga tidak lagi masif.

4. Apa yang mendorong kematian pada orang dengan COVID-19?

Orang yang mengalami gejala COVID-19 parah memiliki pola yang cukup teratur. Mulai dari demam, nyeri otot, kelelahan, dan batuk ringan kemudian beralih ke sesak napas, dan terakhir berada dalam kondisi yang parah ketika cairan mulai memenuhi paru-paru dan menghalangi aliran oksigen.

Pola kasus-kasus kritis ini mengkhawatirkan karena tidak hanya terjadi pada orang dengan faktor risiko nyata misalnya perokok dan mengidap penyakit lainnya, tetapi juga terjadi pada orang-orang yang tampak sehat.

Seorang ahli virus mengatakan bahwa SARS-CoV-2 dapat bereplikasi dengan cepat untuk memicu sistem kekebalan tubuh secara tiba-tiba. Akan tetapi, masih belum diketahui dengan pasti alasan utama yang mendorong kematian pada pasien COVID-19.

Hal ini penting diketahui untuk memahami bagaimana virus corona menyebabkan bahaya sehingga dapat dilakukan tindakan perawatan yang efektif dan membuat obat-obat atau vaksin yang menjanjikan dengan risiko minim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro