Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Pola Gejala Infeksi Virus Corona dari Hari ke Hari

Sampel penelitian ini diambil dari beberapa rumah sakit di wilayah Wuhan dan Wenzhou. Hasil awal menunjukkan sekitar 80% kasus virus korona mengalami gejala ringan. Akan tetapi, gejala tersebut menyakitkan dan tahan lama. 
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 01 April 2020  |  19:59 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti dari Pusat Pengendalian Penyakit China mengidentifikasi pola gejala virus corona pasien yang terinfeksi virus ini.

Sampel penelitian ini diambil dari beberapa rumah sakit di wilayah Wuhan dan Wenzhou. Hasil awal menunjukkan sekitar 80% kasus virus korona mengalami gejala ringan. Akan tetapi, gejala tersebut menyakitkan dan tahan lama. 

Berikut pola yang diidentifikasi para peneliti, dilansir dari Insider :

Hari 1: Mulai gejala ringan. Pasien mungkin mengalami demam, batuk kering, atau sesak napas sesekali. Beberapa mungkin juga merasakan kelelahan dan nyeri otot. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelum ini. 

Hari 3: Ini adalah berapa lama, rata-rata pasien Wenzhou sebelum dirawat di rumah sakit setelah mereka mulai mengalami gejala. 

Hari 5: Dalam kasus yang parah, gejala bisa mulai memburuk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernafas, terutama bagi para lansia atau memiliki penyakit bawaan.

Hari 7: Ini adalah berapa lama, rata-rata untuk pasien Wuhan dirawat di rumah sakit setelah gejala mereka dimulai. 

Hari 8: Oleh titik ini, pasien dengan kasus yang parah kemungkinan akan mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut, suatu penyakit yang mungkin memerlukan intubasi. Pasalnya gagal nafas sering berakibat fatal. 

Hari ke-10: Jika pasien memiliki gejala yang memburuk, inilah saatnya penyakit berkembang, mereka kemungkinan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin memiliki lebih banyak sakit perut dan kehilangan nafsu makan daripada pasien dengan kasus yang lebih ringan. Tingkat kematian virus ini berkisar sekitar 4%. 

Hari 17: Rata-rata, orang-orang di Wuhan yang pulih dari virus dikeluarkan dari rumah sakit setelah 2,5 minggu. 

Hari 27: Beberapa pasien tinggal di rumah sakit lebih lama. Rata-rata pasien Wenzhou tinggal di rumah sakit selama 27 hari.

Dari penelitian ini juga ditemukan, sekitar 15% pasien di Tiongkok menderita kasus yang parah, dan sekitar 5% kritis. Dari hampir 56.000 kasus yang dikonfirmasi di laboratorium di China, sekitar 88% pasien mengalami demam dan lebih dari dua pertiga menderita batuk kering, menurut laporan Februari dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bagian dari pasien yang mengalami sesak napas sebanyak 19%, sementara mereka yang mengalami sakit tenggorokan, sakit kepala, dan sakit tubuh atau nyeri sendi sekitar 14%. 

Diketahui, masa inkubasi rata-rata virus adalah sekitar lima hari, tetapi virus corona berkisar antara dua hingga 14 hari. 

Megan Coffee, seorang dokter penyakit menular yang menganalisis data Wenzhou, mengatakan sesak napas biasanya muncul dengan sendirinya pada 8 hingga 10 hari dalam perjalanan penyakit ini, tetapi tidak semua sesak napas merupakan kasus yang parah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top