Ilustrasi karantina
Health

Barang yang Perlu Disiapkan Untuk Karantina di Rumah Saat Muncul Gejala Corona

Syaiful Millah
Rabu, 1 April 2020 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah kasus virus corona baru atau COVID-19 di banyak negara di seluruh dunia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Virus terus menyebar dan menginfeksi lebih banyak orang.

Bahkan, para ahli menyebut masyarakat yang hari ini merasa sehat dan baik-baik saja belum tentu tidak terinfeksi. Pasalnya, virus ini membutuhkan waktu tertentu hingga inangnya menunjukkan gejala-gejala seperti demam, batuk kering, sesak napas, dan lain-lain.

Untuk itu, para ahli sedari awal mengimbau siapa pun yang merasa mengalami gejala awal dari infeksi virus corona perlu melakukan tindakan-tindakan strategis untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan tidak jatuh ke kondisi kritis.

Berita baiknya, diperkirakan 80 persen dari pasien COVID-19 di China hanya mengalami gejala ringan hingga sedang. Ini berarti bahwa ada harapan untuk pulih dengan tindakan tepat yang bisa dilakukan mandiri.

Dilansir dari Healthline, Rabu (1/4) berikut ini adalah tindakan yang dapat dilakukan untuk merawat diri sendiri di rumah jika Anda merasa memiliki kasus ringan dari COVID-19 dengan gejala-gejala awal yang mulai timbul.

“Mempersiapkan masa karantina rumah berarti membuat rencana aksi rumah tangga serta persediaan-persediaan selama masa isolasi,” kata Lisa Ide, kepala petugas medis dari Zipnosis.

“Pastikan Anda memiliki daftar kontak darurat, rencana untuk berkomunikasi dengan keluarga, dan cara mendapatkan makanan melalui pengiriman. Atur pasokan makanan dua hingga empat minggu, bahan pembersih seperti sabun sanitasi dan bahan pokok rumah tangga seperti tisu wajah dan toilet,” imbuhnya.

Dalam hal kebutuhan konsumsi atau makanan sehari-hari, Ide menyarankan agar kita mengonsumsi makanan yang bergizi seperti nasi, kacang, buah kering, dan daging-dagingan. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang memiliki nutrisi penting untuk tubuh.

Adapun, berikut ini adalah daftar belanja dan persediaan penting yang harus tersedia di rumah saat menjalani masa isolasi diri karena COVID-19 ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 7 halaman
Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro