Kesehatan mata menjadi penting saat bekerja dari rumah./ilustrasi
Health

Ini Tips Mata Sehat Selama WFH

Desyinta Nuraini
Rabu, 8 April 2020 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan work from home (WFH) tidak senyaman kedengarannya. Beberapa mengeluh pekerjaan semakin banyak dan harus berhadapan dengan layar komputer, komputer tablet, ataupun ponsel sepanjang hari.

Bisa dibilang perangkat elektronik ini menjadi hal yang utama dicari saat bangun tidur bahkan ingin istirahat di malam hari. Padahal menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu lama menyebabkan mata kering, mata gatal, sakit kepala, mata merah, atau masalah mata lainnya.

Sementara lingkungan kantor disesuaikan dengan cahaya dan teknologi yang baik untuk mencegah ketegangan mata, bekerja dari rumah terkadang menjadi tidak sehat karena tidak tersedianya lingkungan tersebut. Berikut beberapa cara untuk menghindari ketegangan mata saat bekerja dari rumah:

1. Beristirahat

Berfungsi terus menerus selama berjam-jam dapat menyebabkan mata, leher, dan nyeri bahu. Cara terbaik untuk mencegahnya yakni beristirahat sebentar dan sering. Istirahatkan mata dari menatap layar komputer atau ponsel sekitar 4-5 menit. Cara ini diyakini juga meningkatkan produktivitas kerja dan membantu Anda lebih fokus pada tugas.

2. Menyesuaikan Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat dari ruang kerja di rumah sangat penting dalam mengurangi ketegangan pada mata. Jika ada cahaya berlebihan di ruangan karena sinar matahari atau pencahayaan interior, akan menyebabkan tekanan pada mata sehingga mata akan terasa sakit atau mengalami masalah penglihatan lainnya. Hal yang sama berlaku jika pencahayaan di ruangan kurang.

3. Posisikan Layar Anda

Saat bekerja dari rumah, pastikan untuk menyesuaikan layar komputer atau laptop Anda dengan benar. Tempatkan perangkat di sedikit di bawah (sekitar 30 derajat) atau setinggi mata Anda. Ini akan mengurangi stres pada mata serta mencegah Anda menekuk leher dan bahu.

4. Gunakan Layar Anti-Silau

Laptop dan komputer dengan layar anti-silau membantu mengontrol cahaya ekstra yang jatuh di atasnya. Di tempat kerja, karena pencahayaan yang dapat disesuaikan, filter ini tidak diperlukan tetapi saat bekerja dari rumah, filter ini dapat digunakan agar mata tegang. Untuk mencegah silau, gunakan tirai di ruangan atau menggunakan lampu redup.

5. Pakai Font Huruf Lebih Besar

Ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran font lebih besar, pengguna kurang fokus pada layar yang secara otomatis akan mengurangi ketegangan pada mata. Sesuaikan ukuran font, terutama saat membaca dokumen yang panjang. Kombinasi font berwarna hitam pada layar putih memberikan kenyamanan terbaik.

6. Berkedip

Berkedip sering membantu melembabkan mata dan menghindari gejala mata kering. Sekitar sepertiga orang sering lupa berkedip saat bekerja berjam-jam. Hal ini menyebabkan masalah mata seperti mata kering, mata gatal, dan penglihatan berfluktuasi. Karena itu, biasakan berkedip sekitar 10-20 kali per menit untuk mengurangi ketegangan pada mata.

7. Pakailah Kacamata Resep

Ketegangan mata lebih lama bisa menyebabkan masalah seperti lesi mata atau katarak. Inilah sebabnya, mengurangi ketegangan pada mata sangat penting untuk melindungi kesehatan mata Anda. Mengenakan kacamata yang ditentukan saat bekerja membantu untuk melihat layar tanpa memiringkan kepala Anda ke belakang. Ini membantu untuk melihat dengan nyaman terutama jika Anda memiliki bifokal atau multifokal.

8. Latihan Mata

Dengan melakukan latihan mata secara berkala, seseorang dapat menjaga otot mata mereka kuat dan mencegah kemungkinan penyakit mata seperti miopi, astigmatisme, atau hiperopia. Ini bisa dilakukan dengan aturan 20-20-20. Menurut aturan, Anda harus berpaling dari layar setelah setiap 20 menit dan fokus pada objek jauh yang berjarak 20 kaki untuk sekitar 20 detik. Ini melemaskan mata dan membantu mengurangi kelelahan mata.

9. Gunakan Kacamata Komputer

Kacamata komputer membantu mencegah ketegangan mata, pandangan kabur, silau digital dan sakit kepala terkait komputer dengan mengoptimalkan penglihatan saat melihat layar. Kacamata ini memiliki dengan lapisan anti-reflektif yang membantu menghilangkan refleksi dari permukaan depan dan belakang lensa sehingga mengurangi silau dan memberikan waktu yang nyaman bagi orang tersebut.

10. Hindari Memegang Perangkat Lebih Dekat Dengan Mata

Orang yang memegang perangkat digital dekat dengan mata berisiko lebih besar mengalami ketegangan mata. Tidak masalah Anda bekerja pada laptop layar kecil atau melihat layar ponsel, selalu pegang perangkat sejauh 50-100 cm dari mata Anda. Jika layar lebih kecil, perbesar ukuran font untuk tampilan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro