Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hindari Kontroversi, Penyanyi ini Ubah Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah

Beberapa bait di dalam lagu itu turut diubah. Pasalnya, sejumlah bait dalam lagu awal, sempat mengundang pro dan kontra bagi sebagian pecinta musik islami.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 15 April 2020  |  01:44 WIB
Penyanyi Miftah Arif. Foto: tangkapan layar.
Penyanyi Miftah Arif. Foto: tangkapan layar.

Bisnis.com, JAKARTA - Lagu Aisyah Istri Rasulullah cukup populer di tengah masyarakat kini. Tak ayal banyak penyanyi membawakan lagu itu dengan berbagai versi termasuk dilakukan oleh Miftah Arif.

Setelah mengunduh lagu tersebut ke platform youtube beberapa hari lalu, musik yang dibawakannya telah didengar serta ditonton hampir 15.000 kali. Capaian ini turut membuat Miftah bangga termasuk diapresiasi oleh penyanyi Mustofa Abu Rawash.

Miftah memberi nuansa berbeda pada musik yang dinyanyikannya. Cover lagu yang dibawakan perempuan asal Aceh ini memadukan dua bahasa yaitu Arab dan Indonesia.

Beberapa bait di dalam lagu itu turut diubah. Pasalnya, sejumlah bait dalam lagu awal, sempat mengundang pro dan kontra bagi sebagian pecinta musik islami. Di tangannya, Miftah enggan lagu itu menimbulkan kontroversi berkepanjangan.

Alhasil, dia mengubah beberapa lirik lagu dengan kalimat lebih bersahaja dan terdengar santun. Alasannya sedehana, dari ubahan itu, Miftah ingin menceritakan tentang sosok Aisyah, Istri Nabi Muhammad saw secara lebih hormat.

“Berawal dari petunjuk guru kami Buya Yahya agar sebagian syair tentang Ibunda Aisyah diubah beberapa baitnya,” katanya kepada Bisnis, Rabu (15/4/2020).

Pada akun Miftah Arif Official, penyanyi asal Aceh ini menuliskan judul Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah. Sikap ini jelas untuk menghargai sosok tersebut.

Lagu ini semula dipopulerkan oleh band asal Malaysia yaitu Projector Band berjudul Aisyah pada 2017. Pada awal 2020, karya ini kemudian diubah liriknya oleh Hasbi Haji Muh Ali atau Mr Bie.

Cover Mr Bie meledak di media sosial termasuk di Indonesia. Kesuksesan ini mengundang minat sejumlah penyanyi tanah air untuk mengcover musik itu seperti Nisa Sabyan, Syakir Daulay, Anisa Rahman hingga Mustofa Abu Rawash. Nama terakhir bahkan menerjemahkan lirik ke dalam bahasa Arab.

Tak mau mengcover mentah-mentah, Miftah memberikan sejumlah improvisasi. Dia mengubah sejumlah bait dengan kalimat yang lebih sopan untuk menyebut nama Aisyah. Termasuk memadukan dua bahasa di dalam satu lagu.

“Dengan hadirnya lirik ini semoga membuat kita lebih mengenal dan lebih cinta kepada ummul Sayyidatul Aisyah dengan sifat-sifatnya yang mulia,” tuturnya.

Miftah Arif merupakan penyanyi asal Provinsi Aceh. Karirnya dimulai sebagai seorang Qori di kancah nasional dan internasional. Beberapa tahun terakhir, Miftah mulai aktif di dunia tarik suara. Dia berduet dengan grup etnik asal tanah rencong, Apache13.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyanyi
Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top