Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEK FAKTA: Apakah Asap Rokok Membawa Virus Corona?

Aktivitas orang berkumpul sambil merokok masih saja terjadi, meskipun telah ada social distancing.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 17 April 2020  |  21:20 WIB
Ilustrasi - Women/info
Ilustrasi - Women/info

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas masyarakat di sejumlah tempat terlihat tidak terpengaruh dengan adanya aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB) yang dikeluarkan pemerintah DKI Jakarta.

Di sudut-sudut kota atau daerah perkampungan, masih saja didapati orang yang berkerumun atau sekedar nongkrong di warung kopi, berbincang santai sambil merokok. Padahal sudah jelas, hal tersebut berisiko terhadap penularan virus Corona (Covid-19).

Bisa saja saat orang yang diajak berbincang sudah terinfeksi virus corona. Dikhawatirkan mereka yang jadi lawan bicara terkena droplet atau percikan cairan tubuh dari hidung atau mulut dari orang terinfeksi tersebut.

Lantas adakah kemungkinan penularan melalui asap rokok?

Ketua Tim Penanganan Covid-19 sekaligus Juru Bicara RS Persahabatan untuk Covid-19, dr. Erlina Burhan menjelaskan penularan utama virus corona tetap berasal dari droplet. Asap rokok, tidak akan membawa virus.

Namun Erlina, risiko tertular masih bisa terjadi. "Saat perokok menghembuskan asap barangkali ada droplet yang keluar," sebutnya dalam diskusi online yang digelar Bakrie Center Foundation, Jumat (17/4/2020).

Lebih lanjut dia menambahkan, sejauh ini yang diketahui, reseptor atau sel inang yang cocok sebagai tempat perlekatan atau tempat adsorbsi virus, ada di saluran nafas dan cerna. "Ada yang mengatakan di organ lain tapi jumlahnya sedikit," tukasnya.

Dia juga mengungkapkan agar setiap orang menahan diri untuk mudik. Namun, jika ada orang terpaksa mudik, atau sudah terlanjur mudik, disarankan masyarakat tetap menjaga jarak aman saat di kendaraan. Bagi pemudik, bila sampai di kampung halaman, maka segeralah mengkarantina diri di rumah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perokok merokok Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top