Aktor Detri Warmanto positif terkena virus corona baru (Covid-19)./Instagram@detriwarmanto
Entertainment

Cerita Aktor Detri Warmanto Ditolak Rumah Sakit Saat Minta Diisolasi Karena Covid-19

Desyinta Nuraini
Senin, 20 April 2020 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor Detri Warmanto mengaku ditolak rumah sakit untuk menjalani isolasi pasca dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Bukan tanpa alasan dirinya ditolak. Detri menjelaskan bahwa penolakan tersebut lantaran dia tergolong pasien tanpa gejala. "Saya minta untuk isolasi di rumah sakit tapi di rumah sakit bilang kalau tanpa gejala lebih baik isolasi mandiri di rumah," ujarnya saat melakukan siaran langsung di akun Instagram Gue Sehat, Senin (20/4/2020).

Ya, Detri mengaku tidak mengalami gejala hingga akhirnya dia melakukan serangkaian tes untuk memastikan apakah dia tertular virus corona atau tidak. Tes darah dan rontgen paru menyatakan negatif. Namun hasil swap pada 20 Maret lalu memberi hasil dia, dan 2 orang di kediamannya positif terinfeksi corona.

Detri mengaku sempat mempertanyakan apakah mungkin hasil tersebut tertukar, namun dokter membantahnya dan menjelaskan Detri tergolong orang tanpa gejala (OTG).

Karena itu, rumah sakit menyarankan lebih baik melakukan isolasi mandiri untuk menghindari penularan virus lebih besar lagi. Selain itu, dengan melakukan isolasi mandiri, setidaknya menyediakan tempat bagi pasien corona yang lebih membutuhkan.

Detri pun sepakat. Lagipula dari pernyataan dokter, dengan pola hidup sehat dan menjaga imunitas di rumah saja, bisa membantu menyembuhkan virus ini tanpa harus diinfus di rumah sakit.

Lebih lanjut menantu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menduga kemungkinan dia tertular virus corona di Indonesia atau local transmition. Dia mengakui sempat ke Jepang pada Januari dan ke Arab Saudi pada Februari. Jika merujuk 14 hari masa inkubasi virus, artinya penularan bukan dari dua negara tersebut.

Keyakinan Detri penularan dari local transmition karena sebelum adanya pembatasan sosial, dia sempat bepergian ke tempat umum dan bertemu dengan sejumlah orang yang habis bepergian dari luar negeri seperti Singapura, Taiwan, dan China. "Karena pada saat itu juga saya tidak pakai masker," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro