Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Membuat Masker Kain

Di luar tenaga medis yang menangani kasus corona, masyarakat diimbau memakai masker kain, untuk menghindari kelangkaan masker bedah di pasaran.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 April 2020  |  15:28 WIB
Beranggotakan 8 perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang, KSH memutuskan untuk memproduksi masker kain pada awal April. / AHM
Beranggotakan 8 perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang, KSH memutuskan untuk memproduksi masker kain pada awal April. / AHM

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini pemerintah telah mewajibkan siapapun yang keluar rumah untuk memakai masker demi menekan penyebaran virus corona.

Di luar tenaga medis yang menangani kasus corona, masyarakat diimbau memakai masker kain, untuk menghindari kelangkaan masker bedah di pasaran.

Nah, bagi Anda yang berniat membuat masker sendiri, berikut caranya seperti dikutip dari wikihow :

1. Pilihlah kain yang tebal dan rapat untuk kedua lapisan masker

Anda membutuhkan 2 lapis kain untuk membuat masker yang lebih efektif. Untuk hasil terbaik, pilihlah kain yang lebih tebal untuk lapisan luar, dan kain katun yang lebih tipis untuk lapisan dalam.

Berdasarkan penelitian baru-baru ini, bahan yang paling bagus untuk masker kain rumahan adalah kain steril pembungkus peralatan bedah. Kain ini dapat menahan 99% kuman dan partikulat.

Sementara itu, untuk lapisan luar masker, Anda bisa menggunakan kain nonelastis seperti denim, kain kepar (twill), kanvas, kain duck, atau kain quilting.
Untuk lapisan dalam, Anda bisa menggunakan kain katun atau campuran katun, asalkan nonelastis.
Tip: Masker kain ini akan sering dicuci dan disterilkan. Jadi, pilihlah kain yang tidak akan mengerut atau berubah bentuk setelah dicuci.
 
2. Gunakan kain kaus 100% katun yang stabil. 

Untuk hasil terbaik, gunakan kaus seperti Hanes Heavyweight 100% katun. Meskipun begitu, Anda boleh saja memanfaatkan kaus lama. Rebus kaus dengan air selama 10 menit kemudian jemur hingga kering untuk membuat kainnya lebih stabil. [5]
 
3. Manfaatkan sarung bantal lama jika tidak ada kaus.

Meskipun bukan pilihan ideal, kain sarung bantal masih bisa melindungi Anda dari kuman. Manfaatkan kain sarung bantal jika hanya pilihan ini yang Anda punya. [6]Kain kaus umumnya bisa lebih melindungi daripada kain sarung bantal. Jadi, jika ada, jadikan kaus sebagai pilihan pertama.
 
4. Pasangkan warna dan motif berbeda 

Sehingga Anda mudah mengenali bagian depan masker. Memakai masker secara terbalik justru bisa membuat Anda terpapar kuman yang ingin dihindari. Untuk memudahkan Anda mengenali sisi depan dan belakang masker, padukan warna atau motif berbeda pada paling tidak salah satu sisinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top