Beranggotakan 8 perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang, KSH memutuskan untuk memproduksi masker kain pada awal April. - AHM
Relationship

Cara Membuat Masker Kain

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 April 2020 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini pemerintah telah mewajibkan siapapun yang keluar rumah untuk memakai masker demi menekan penyebaran virus corona.

Di luar tenaga medis yang menangani kasus corona, masyarakat diimbau memakai masker kain, untuk menghindari kelangkaan masker bedah di pasaran.

Nah, bagi Anda yang berniat membuat masker sendiri, berikut caranya seperti dikutip dari wikihow :

1. Pilihlah kain yang tebal dan rapat untuk kedua lapisan masker

Anda membutuhkan 2 lapis kain untuk membuat masker yang lebih efektif. Untuk hasil terbaik, pilihlah kain yang lebih tebal untuk lapisan luar, dan kain katun yang lebih tipis untuk lapisan dalam.

Berdasarkan penelitian baru-baru ini, bahan yang paling bagus untuk masker kain rumahan adalah kain steril pembungkus peralatan bedah. Kain ini dapat menahan 99% kuman dan partikulat.

Sementara itu, untuk lapisan luar masker, Anda bisa menggunakan kain nonelastis seperti denim, kain kepar (twill), kanvas, kain duck, atau kain quilting.
Untuk lapisan dalam, Anda bisa menggunakan kain katun atau campuran katun, asalkan nonelastis.
Tip: Masker kain ini akan sering dicuci dan disterilkan. Jadi, pilihlah kain yang tidak akan mengerut atau berubah bentuk setelah dicuci.
 
2. Gunakan kain kaus 100% katun yang stabil. 

Untuk hasil terbaik, gunakan kaus seperti Hanes Heavyweight 100% katun. Meskipun begitu, Anda boleh saja memanfaatkan kaus lama. Rebus kaus dengan air selama 10 menit kemudian jemur hingga kering untuk membuat kainnya lebih stabil. [5]
 
3. Manfaatkan sarung bantal lama jika tidak ada kaus.

Meskipun bukan pilihan ideal, kain sarung bantal masih bisa melindungi Anda dari kuman. Manfaatkan kain sarung bantal jika hanya pilihan ini yang Anda punya. [6]Kain kaus umumnya bisa lebih melindungi daripada kain sarung bantal. Jadi, jika ada, jadikan kaus sebagai pilihan pertama.
 
4. Pasangkan warna dan motif berbeda 

Sehingga Anda mudah mengenali bagian depan masker. Memakai masker secara terbalik justru bisa membuat Anda terpapar kuman yang ingin dihindari. Untuk memudahkan Anda mengenali sisi depan dan belakang masker, padukan warna atau motif berbeda pada paling tidak salah satu sisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro