Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empon-empon Jaga Vitalitas Saat Berpuasa

Memang belum ada hasil penelitian yang pasti bahwa empon-empon mampu menangkal virus corona. Namun yang pasti, khasiat ramuan herbal ini bisa meningkatkan imunitas tubuh.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 29 April 2020  |  12:05 WIB
Jahe - Istimewa
Jahe - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Empon-empon belakangan populer di kalangan masyarakat. Sebagian orang percaya herbal ini bisa mencegah terinfeksi virus corona.

Memang belum ada hasil penelitian yang pasti bahwa empon-empon mampu menangkal virus corona. Namun yang pasti, khasiat ramuan herbal ini bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Karena khasiat itulah, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, mengatakan empon-empon sangat baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Dia menuturkan, sama seperti manfaat jamu lainnya, empon-empon bersifat antioksidan yang bertugaa menangkal radikal bebas. Kemudian herbal ini meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh.

"Sehingga selama puasa sebenarnya manfaat baiknya bisa lebih terasa karena vitalitas tubuh itu bisa lebih bagus, energinya lebih efisien, metabolismenya lebih efisien," katanya dalam diskusi online di aplikasi pesan singkat.

Untuk membuat empon-empon pun sangat mudah. Salah satu caranya yakni menyiram jahe dan sereh yang sudah digeprek dan diiris tipis, dengan air mendidih. Tentunya jahe dan sereh tersebut yang sudah dicuci bersih. Air seduhan jahe dan sereh itu bisa ditambahkan gula aren untuk pemanis.

Metode lainnya, jahe dan sereh direbus dengan air mendidih selama kurang lebih 15 menit, jika ingin merasakan lebih banyak kandungan zat aktifnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

herbal jahe
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top