Jahe/Istimewa
Health

Empon-empon Jaga Vitalitas Saat Berpuasa

Desyinta Nuraini
Rabu, 29 April 2020 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empon-empon belakangan populer di kalangan masyarakat. Sebagian orang percaya herbal ini bisa mencegah terinfeksi virus corona.

Memang belum ada hasil penelitian yang pasti bahwa empon-empon mampu menangkal virus corona. Namun yang pasti, khasiat ramuan herbal ini bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Karena khasiat itulah, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, mengatakan empon-empon sangat baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Dia menuturkan, sama seperti manfaat jamu lainnya, empon-empon bersifat antioksidan yang bertugaa menangkal radikal bebas. Kemudian herbal ini meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh.

"Sehingga selama puasa sebenarnya manfaat baiknya bisa lebih terasa karena vitalitas tubuh itu bisa lebih bagus, energinya lebih efisien, metabolismenya lebih efisien," katanya dalam diskusi online di aplikasi pesan singkat.

Untuk membuat empon-empon pun sangat mudah. Salah satu caranya yakni menyiram jahe dan sereh yang sudah digeprek dan diiris tipis, dengan air mendidih. Tentunya jahe dan sereh tersebut yang sudah dicuci bersih. Air seduhan jahe dan sereh itu bisa ditambahkan gula aren untuk pemanis.

Metode lainnya, jahe dan sereh direbus dengan air mendidih selama kurang lebih 15 menit, jika ingin merasakan lebih banyak kandungan zat aktifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro