Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gratis, ManageEngine Tawarkan Solusi Pengoperasian IT Jarak Jauh

ManageEngine menawarkan jaringan, dukungan, dan pemeliharaan TI jarak jauh yang disederhanakan tanpa mengorbankan keamanan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 29 April 2020  |  16:59 WIB
Ilustrasi - Rantchic
Ilustrasi - Rantchic

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sebagian besar perusahaan mewajibkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Bagi beberapa perusahaan terutama yang menengah dan besar, sistem TI memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis sekaligus memfasilitasi operasional dari jarak jauh.

Namun, beberapa fungsi penting seperti TI yang membutuhkan akses ke sistem dalam infrastruktur seperti server, aplikasi, database dan perangkat jaringan, sulit untuk diakses secara remote karena mempertimbangkan risiko keamanan.

Untuk membantu perusahaan dapat tetap mengoperasikan dan mengaktifkan akses jaringan jarak jauh yang aman, baik dari sisi koneksi maupun keamanan siber, ManageEngine, divisi manajemen TI dari perusahaan Zoho Corporation menawarkan lebih dari 45 produk yang melayani berbagai kebutuhan manajemen infrastruktur TI tersebut.

Portofolionya meliputi solusi untuk pemantauan jaringan, server & aplikasi; desktop & manajemen perangkat seluler; akses jarak jauh; Manajemen layanan TI; manajemen kata sandi istimewa; manajemen log; dan SIEM.

Arun Kumar J, Direktur Regional - Channel & Partner Management di ManageEngine mengatakan hal tersebut dimungkinkan karena beberapa alat ManageEngine menawarkan jaringan, dukungan, dan pemeliharaan TI jarak jauh yang disederhanakan tanpa mengorbankan keamanan.

“Semua produk di atas menawarkan integrasi tanpa batas yang memberi pandangan menyeluruh bagi tim TI tentang apa yang terjadi pada infrastruktur mereka, dan secara bersamaan membantu mereka mengelola jaringan dari jarak jauh,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (29/4/2020).

Melalui produk tersebut, tim TI perusahaan dapat tetap bekerja dari rumah sekaligus menjaga perangkanya tetap aman untuk dikelola dari jarak jauh. Mereka juga dapat mengelola aplikasi, server, database, serta perangkat jaringan yang penting untuk bisnis melalui koneksi yang aman.

“Kami menawarkan versi fungsional penuh dari toolkit kerja jarak jauh aman kami, yang terdiri dari Remote Access Plus dan Access Manager Plus, gratis hingga 1 Juli 2020. Ini telah diperluas untuk mendukung bisnis selama masa-masa sulit ini,” tuturnya.

Hingga saat ini, ManageEngine telah memiliki lebih dari 750 pelanggan di Indonesia, dari berbagai sektor seperti; keuangan, otomotif, perminyakan serta pertambangan. Beberapa pelanggan utama termasuk PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk., Kawan Lama Retail, PT ANTAM Tbk., Tokopedia dan Maybank.

Arun optimistis dengan semakin banyaknya perusahaan yang berupaya mengotomatisasi fungsi TI dan menginginkan efisiensi dalam pengoperasian bisnisnya, ManageEngine bisa bertumbuh sekitar 30 hingga 40 persen.

“Pasar Asia Tenggara telah menunjukkan potensi pertumbuhan yang luar biasa bagi kami selama beberapa tahun terakhir, dengan pertumbuhan 40 persen secara year on year di beberapa negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi informasi Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top