Pengunjung memakai masker saat mengamati karya lukis dan karikatur pada pameran bertajuk Masker di Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/3/2020). Pameran tersebut sebagai bentuk ekspresi seniman untuk mengajak masyarakat turut mendoakan dan memberi dukungan bagi pasien yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona serta menghormati hak pribadinya. ANTARA FOTO/Maulana Surya
Entertainment

Makara Art Centre UI Bakal Gelar Acara Religi Bernuansa Seni

Nirmala Aninda
Rabu, 29 April 2020 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makara Art Centre (MAC) Universitas Indoesia (UI) bekerja sama dengan gerakan "akuIndonesia" dan Komunitas Musisi Ngaji (Komuji) Jakarta akan menyelenggarakan acara \"Tadarus Seni Ramadan\" secara online (live streaming).

Acara religi yang bernuansa seni ini digelar dalam bentuk tausiyah, musik, baca puisi dan stand up komedi dan akan diselenggarakan sebanyak tiga kali selama Ramadan, setiap hari Kamis.

Kepala MAC UI Al-Zastrouw mengatakan selain untuk menyemarakkan syiar Ramadan acara ini juga dimaksudkan untuk menampilkan wajah agama yang sejuk dan menyenangkan.

Acara yang digagas MAC UI ini juga merupakan bentuk kepedulian UI atas merebaknya wabah Covid-19.

"Melalui seni kami ingin mengajak masyarakat tetap tegar dan semangat menghadapi situasi tanpa kehilangan kebahagiaan," ujar Zastrouw melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (29/4).

Episode pertama acara ini akan ditayangkan pada Kamis (30/4), pukul 20:30 - 22:00 WIB, sementara itu episode kedua dan ketiga akan tayang pada tanggal 7 Mei dan 14 Mei 2020 pada jam yang sama.

Pada episode pertama akan tampil Once, Kikan, Armand Maulana (GIGI), Ikhsan Skuter, Ari Kriting, serta Dima Miranda.

Akan ada pula musikalisasi puisi Gus Mus oleh Mell Shandy dan pembacaan puisi oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin. Adapun tausiyah akan disampaikan ustad Agus Musthofa dan ustad Ali Masyhar.

Menurut Saleh, acara ini merupakan bentuk silaturahmi meskipun tidak secara fisik dan media seni memiliki kemampuan untuk menyentuh hati manusia.

Dalam suasana yang menuntut kita menjaga jarak fisik, rasanya seni menjadi sarana yg tepat untuk merajut hati, kata Saleh.

Sementara itu, Once Mekel sebagai Alumni UI yang mendukung penuh gerakan akuIndonesia, menyatakan event ini sangat penting untuk membangun solidaritas masyarakat guna membangkitkan semangat dan memperkuat persaudaraan sesama warga bangsa.

Senada dengan Once, Kikan selaku Ketua Komuji chapter Jakarta menjelaskan event ini merupakan kesempatan bagi para musisi dan seniman untuk mewujudkan kepedulian pada sesama melalui berbagai kreasi seni yang dimilikinya.

Acara yang ditayangkan melalui www.youtube.com/akuindonesia ini akan dipandu oleh Alga anggota band The Panas Dalam, yang juga merupakan founder Komunitas Musisi Mengaji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro