Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tahapan Fase Uji Coba Calon Vaksin Corona Pada Manusia

Calon vaksin virus Corona (Covid-19) akan memiliki tiga tahapan fase uji coba terhadap manusia.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 29 April 2020  |  19:01 WIB
Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui penyakit karena kelainan darah. - Dok. Kementerian Kesehatan
Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui penyakit karena kelainan darah. - Dok. Kementerian Kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti di dunia sedang mengembangkan vaksin virus corona. Baru-baru ini, peneliti di China mengklaim berhasil melakukan uji coba 2 vaksin Covid-19 kepada 8 ekor monyet.

Kini para peneliti akan memulai uji coba vaksin ke tubuh manusia. Josh Morrison, pendiri nirlaba untuk advokasi donasi ginjal, mengaku dirinya tertantang dan membuat platform untuk mengumpulkan data tentang sukarelawan uji coba vaksin Covid-19.

Jika uji coba awal yang dilakukan para ilmuwan berhasil, maka kemungkinan akan semakin banyak para remaja yang ingin berpartisipasi.

Adapun cara uji coba ilmiah vaksin bekerja dalam beberapa fase. Fase I yakni uji coba manusia, hanya untuk menguji keamanan (apakah perawatan atau vaksin menimbulkan bahaya).

Fase II, yakni dimana para ilmuwan mulai menguji 'kemanjuran' pada beberapa orang. Uji kemanjuran yakni menguji, keampuhan dan fungsi dari calon vaksin. Kemudian, fase III melibatkan pengujian kemanjuran pada ratusan atau ribuan orang.

"Sukarelawan yang sehat dapat terlibat dalam partisipan uji coba fase II atau III. Dengan begitu dapat mempercepat jawaban apakah vaksin itu layak atau tidak," ungkap Morrison, seperti yang dikutip dari ABC, Rabu (29/4/2020).

Dia menuturkan persiapan uji coba ini dapat memakan waktu berbulan-bulan, sehingga mengumpulkan data sukarelawan sekarang sangat penting. Pengumpulan data tersebut untuk memastikan basis data yang siap pakai jika saatnya tiba untuk uji coba kepada manusia.

Morrison menyebut platform 1DaySooner, telah memiliki 7.600 sukarelawan dari 52 negara yang mendaftar sejauh ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top