Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saweran Online, Bantu Para Pekerja Seni Terdampak Virus Corona

Untuk membantu pekerja seni yang terdampak virus Corona (Covid-19), maka Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta melakukan saweran online.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 29 April 2020  |  19:24 WIB
Hari Tari Dunia Penari berpartisipasi dalam pementasan tari massal "Solo Menari 24 Jam" di Jalan Jendral Sudirman, Solo - Antara
Hari Tari Dunia Penari berpartisipasi dalam pementasan tari massal "Solo Menari 24 Jam" di Jalan Jendral Sudirman, Solo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) memiliki program online talkshow dan program saweran online. Program saweran online hadir untuk membantu pekerja seni yang terkena dampak Covid-19.

Seperti yang diungkapkan Yola Yulfianti, selaku komite tari, pada Rabu (29/4/2020), saweran biasa berlangsung pada model pertunjukkan keliling, dan para penonton terbiasa memberikan uang kepada para pemain yang bersifat sukarela.

“Berangkat dari sejarah dan kultur tradisi seni pertunjukan tari di Indonesia, Gerakan Saweran online adalah usaha mengembalikan semangat tradisi dan sejarah hubungan penonton dan seni pertunjukan tari, dimana pendanaan seni sebenarnya bisa bersifat organik dan kultural,“ ujar Yola.

Nantinya, 20 persen dari hasil saweran ini akan didonasikan untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Sedangkan sisa dari donasi, diberikan kepada pekerja seni yang menampilkan karyanya di YouTube sebagai bentuk kepedulian kita Bersama terhadap karya seni. program Saweran Online bekerjasama dengan DOKU dan OVO sebagai perangkat metode sawerannya.

“Bagi para pecinta seni, cara nyawernya pun cukup sederhana. Masyarakat bisa bebas menonton karya tari atau pengajar tari melalui kanal YouTube Indonesia Dance Network. Pilih karya tari atau kelas tari yang ada di channel tersebut. Kalau suka dengan karyanya, maka masyarakat bisa klik link saweran yang tampil di halaman tersebut” tambah Yola.

Saat ini sudah ada beberapa grup maupun perseorangan yang berpartisipasi, mulai dari sanggar tari ballet Namarina, sanggar tari tradisi Padneswara, EKI DANCE Company, Marlupi Dance Academy, Gigi Art of Dance, Sumber Cipta, Indonesian Dance Theater, Ballet.id, Swargaloka Art dan lainnya.

Juga tidak ketinggalan para penari ternama Indonesia seperti Miroto, Rianto, Jecko, Ufa Sofura, Galabby, Rendy White, Team Roro, Siko Setyanto dan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona seniman tarian
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top