Ilustrasi sakit dada/istimewa
Health

4 Gejala Darurat Covid-19

Desyinta Nuraini
Senin, 4 Mei 2020 - 13:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terjadi di sebagian besar negara di dunia. Hingga hari ini tercatat ada 3,5 juta orang yang terinfeksi dan 248.304 diantaranya meninggal dunia.

Ya, virus ini menyebar begitu mudah dan cepat. Gejalanya pun cukup bervariasi antar individu. Namun ada empat gejala yang menjadi peringatan dan apabila mengalaminya harus segera pergi ke rumah sakit.

Gejala pertama menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), yakni terdapat pada masalah pernapasan. Kedua rasa sakit atau tekanan yang terus-menerus di dada. 

Ketiga, jika mengalami kebingungan, dan terakhir, wajah atau bibir yang berwarna kebiruan. "Orang-orang dengan COVID-19 memiliki berbagai gejala mulai dari gejala ringan hingga penyakit parah," tulis CDC dilansir Bisnis dari Express.co.uk, Senin (4/5/2020).

CDC menyebut gejala tersebut dapat muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar virus. Gejala tersebut juga bisa dirasakan anak-anak walaupun terbilang ringan. 

Sementara itu, seseorang juga bisa berisiko terkena virus corona jika menderita batuk terus menerus atau sesak napas. Kemungkinan terinfeksi Covid-19 itu disertai dengan dua gejala lain, seperti demam tinggi, menggigil, nyeri otot, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Beberapa pasien juga melaporkan kehilangan indera penciuman dan rasa.

Virus corona memang dapat menyebar dengan mudah dalam batuk atau tetesan bersin dari orang yang terinfeksi. Jika khawatir terkena infeksi, sebaiknya melakukan karantina diri selama 14 hari. 

Sejauh ini sejumlah negara telah menerapkan pembatasan sosial dengan mengimbau warganya melakukan aktivitas fisik di luar rumah. Sejumlah negara bahkan menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro