Hal yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah menjaga pola tidur./Sweat
Health

Dokter Merangkap Youtuber, Ini Tips Sehat Clarin Hayes

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 4 Mei 2020 - 21:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan menjadi tantangan bagi angkatan kerja muda yang bekerja dalam bidang kreatif termasuk youtuber sekaligus dokter muda, Clarin Hayes.

Menurut dr. Clarin Hayes, menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal paling utama untuk menjamin kesehatan seseorang. Dia menegaskan, seseorang bisa memiliki kesehatan mental yang baik jika dia memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Hal itu pun yang dilakukan Clarin selain berprofesi sebagai dokter, dia pun fokus menjadi content creator di Youtube tentang isu-isu kesehatan. Meski demikian, dia pun mengingatkan agar kesukaan kita pada pekerjaan jangan sampai membuat kita lupa mengurus tubuh dan mental.

“Tubuh ini adalah investasi. Harus sehat, maka kita harus jaga dan memikirkan sampai 5 tahun ke depan dan selanjutnya. Jangan sampai pekerjaan membuat kita abai, apalagi pekerja kreatif banyak anak-anak muda,” ungkap Clarin saat dihubungi Bisnis, beberapa waktu yang lalu.

Clarin yang sudah mencoba membuat content creator di Youtube sejak Maret 2017 pun mengaku, menjadi dokter sekaligus pekerja kreatif tidaklah mudah. Dia membeberkan salah satu tekanan yang cukup tinggi dialami pembuat konten adalah merumuskan ide.

Maklum, sebagai seorang dokter isi konten Clarin tidak bisa hanya berisikan konten ringan yang jadi bahasan publik. Konten-konten yang disajikan harus punya basis ilmiah dan kajian dari sisi medis.

“Pekerja kreatif seperti aku, butuh inspirasi. Syaratnya otak harus tenang, badan harus sehat. Inilah kenapa menjaga kesehatan fisik dan mental penting, agar ide juga tetap mengalir,” sambung Clarin.

Clarin pun menegaskan, salah satu tips paling mudah untuk menjamin kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan menjamin untuk selalu olahraga, dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro