Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur./Istimewa
Health

Kenali 7 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Anak Saat PSBB

Desyinta Nuraini
Senin, 4 Mei 2020 - 11:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembatasan sosial skala besar (PSBB) yang berlangsung cukup lama karena adanya virus corona membuat emosi seseorang berubah-ubah. Tak sedikit orang marah tanpa sebab yang pasti.

Kondisi psikologis ini tak hanya menyerang orang tua, namun juga anak-anak. Bahkan perubahan emosi yang muncul secara mendadak itu bisa menjadi sedikit tanda kesehatan mental.

Berikut adalah tujuh tanda bahwa anak mungkin mengalami kesulitan dalam mengatasi kondisi mental ini, dilansir Bisnis dari Insider:

1. Anak mengalami kesulitan berkonsentrasi

Hal ini bisa dilihat jika anak kesulitan berkonsentrasi saat mengerjakan tugas sekolah. "Mereka mungkin berjuang untuk fokus, namun seketika meninggalkannya atau menunjukkan tanda-tanda mereka tidak dapat mendengarkan atau menjalankan instruksi," ujar Carole Lieberm.

Dia menyaranka agar para orang tua mengajak anak untuk mengekspresikan perasaan mereka, dan meminta anak mengajukan pertanyaan yang mungkin sangat mengganggu. Ajak anak membuat prakarya, bermain atau menari untuk membangkitkan mood mereka.

2. Perubahan perilaku atau pola normal

Para orang tua sebaiknya menyadari sesuatu yang tidak biasa pada anak, misalnya amarah yang meningkat dan penolakan terhadao sesuatu. Beberapa anak mungkin tidak nyaman dengan pembelajaran jarak jauh dan di sini lah peran orang tua untuk terlibat aktif mendampingi anak saat mengerjakan tugas

3. Perilaku lama anak muncul seperti mengompol atau mengamuk ketika mereka sedang stres

Beberapa ahli menyebutkan regresi sebagai tanda peringatan potensial kesehatan mental. "Merasa takut tercermin dalam kecemasan seorang anak, seperti bersembunyi di balik selimut atau mundur ke perilaku sejak usia yang lebih muda, seperti mengompol," kata Dr. Lieberman kepada Insider.

Terapis Kelly Oriard menambahkan bahwa stres dapat menyebabkan regresi pada anak-anak, seperti regresi tidur, ke toilet, amukan perilaku, asupan makanan.

4. Insomnia dan pola tidur abnormal

Dr. Ajita Robinson, seorang terapis, mengidentifikasi kesulitan tidur, tetap tidur, dan kualitas tidur sebagai tanda bahaya kesehatan mental pada anak. Michelle Nietert, seorang penasihat profesional menambahkan, jika anak tidak bisa tidur setiap malam, saatnya para orang tua mengobatinya dengan pergi ke dokter.

5. Kebosanan bisa menjadi gejala depresi

Menurut para ahli kebosanan bisa menjadi gejala depresi yang serius. Dalam tahap ini, anak membutuhkan lebih banyak kegiatan.

6. Perubahan dalam pola makan

Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa menjadi pertanda kesehatan mental. Healthline memberikan beberapa saran untuk membantu mendorong anak-anak untuk makan, seperti membatasi gangguan waktu makan, menyajikan porsi yang tepat, menghilangkan stres waktu makan, mengurangi camilan, dan melibatkan anak-anak dalam persiapan makan.

7. Perilaku anti-sosial bisa menjadi tanda lain dari masalah yang lebih besar

"Jika mereka biasanya sangat sosial, sekarang tidak ingin berbicara dengan teman-teman mereka atau keluar dari kamar mereka. Mereka mungkin tampak terganggu atau lebih tenang daripada biasanya atau agresif dan argumentatif," kata Baghdassarian.

Gross menambahkan Covid-19 membatasi interaksi sosial, bukan hanya di luar rumah namun juga di dalam rumah. Para ahli menyarankan agar para orang tua harus membuat anak-anak mereka tetap berinteraksi secara virtual dengan teman dan keluarga lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro