Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

30 Ribu Orang Dukung Petisi Memorabilia Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo

Kepergian legenda musik Indonesia Didi Kempot, 5 Mei lalu, membawa duka bagi sobat ambyar, sebutan untuk fans almarhum. Hanindha Cholandha dan hampir 30 ribu orang lainnya tergabung dalam petisi change.org/UntukSobatAmbyar. Mereka meminta PT. Kereta Api Indonesia mendirikan memorabilia Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  12:33 WIB
Didi Kempot sedang tersenyum - instagram
Didi Kempot sedang tersenyum - instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Kepergian legenda musik Indonesia Didi Kempot, 5 Mei lalu, membawa duka bagi sobat ambyar, sebutan untuk fans almarhum. Hanindha Cholandha dan hampir 30 ribu orang lainnya tergabung dalam petisi change.org/UntukSobatAmbyar. Mereka meminta PT. Kereta Api Indonesia mendirikan memorabilia Didi Kempot di Stasiun Balapan Solo.

Obrolan di Facebook menjadi awal mula Hanindha membuat petisi. Menurut Hanindha seniman besar seperti Didi Kempot layak mendapat memorabilia.

Dia mengambil contoh walk of fame di Amerika Serikat yang dipenuhi nama-nama seniman dan tokoh-tokoh besar. Di Amerika, seniman dan tokoh- tokoh besar bisa diabadikan di walk of fame.

"Menurut saya, Pakde Didi sebagai seniman besar juga patut kita berikan memorabilia di tempat-tempat yang ikonik, salah satunya Stasiun Solo Balapan, karena beliau menulis lagu Stasiun Balapan,” kata Hanindha, dikutip Rabu (13/5/2020). 

Hanindha tidak mempermasalahkan bentuk memorabilia. Menurutnya apa pun bentuknya asalkan bisa menjadi bentuk penghargaan kepada Didi Kempot yang sudah memperkenalkan stasiun Balapan Solo ke khalayak ramai.

“Bentuknya bisa apa saja, patung Didi Kempot, prasasti lirik lagu Stasiun Balapan, atau apa pun. Mengingatkan kita bahwa secara tidak langsung Didi Kempot memperkenalkan kota Solo dan Stasiun Balapan kepada khalayak," tulis Hanindha pada pengantar petisi. 

Hanindha menegaskan permintaan mereka tidak mendesak harus dilakukan di masa pandemi. Bersama puluhan ribu sobat ambyar lainnya, Hanindha ingin agar petisi mereka direspons sebagai wujud wujud kepedulian pada tokoh budaya dan musisi legendaris yang memperkenalkan kota Solo kepada khalayak melalui lagunya.

Gagasan tersebut direspons banyak orang yang memberi komentar dan dukungan di halaman petisi.

“Setuju, karena tanpa adanya lagu beliau mungkin stasiun balapan yg berada di solo tidak mungkin seterkenal sekarang”, tulis Sunhenik Lina Fita. 

“Beliau berjasa dalam masa hidupnya, memperkenalkan solo balapan yg kini kota solo menjadi bagian pariwisata yg populer secara nasional hingga mancanegara. Beliau sgt berkontribusi”, tulis Arie Tita Aprilia.

“Karena jasa beliau campursari bisa mendunia dan disukai anak-anak millenial,” tulis Rony Wijayanto.

“Patut dikenang dalam bentuk patung era Covid-19 mampu menggalang dana yang Wow”, tulis Puspita Dewi.

Didi Kempot juga dikenal sebagai sosok dermawan dan berjiwa sosial. Dua minggu sebelum kepergiannya, Didi Kempot sempat menggelar konser amal dengan Kompas TV.

Konsernya berhasil mengumpulkan dana miliaran rupiah untuk disalurkan kepada tim medis yang menangani Covid-19.

Berikut lagu Stasiun Balapan yang dibawakan Didi Kempot, seperti diunggak akun youtube Lirik Jawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

didi kempot
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top