5 Rekomendasi Film Inspiratif Bagi Wirausaha

Film bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi, referensi bagi wirausahawan yang baru mulai atau bahkan pengusaha sukses.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  18:42 WIB
5 Rekomendasi Film Inspiratif Bagi Wirausaha
Film Jerry Maguire sangat direkomendasikan bagi para wirausaha

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha dan wirausahawan memiliki peluang yang hampir tak terbatas untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka.

Kini, dengan begitu banyaknya pemikiran inovatif dan penelitian terkini yang tersedia, peluang untuk belajar dan meningkatkan keterampilan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Tapi ada satu sumber inspirasi yang ternyata kerap kali dijadikan referensi pilihan bagi wirausahawan yang baru mulai atau bahkan pengusaha sukses, yakni film.

Film yang hebat dapat merangsang pikiran Anda dan membantu menghadirkan imajinasi, orisinalitas, visi, dan meningkatkan keterampilan Anda.

Melalui berbagai sumber, kami mengkurasi beberapa film favorit yang lebih dari sekadar hiburan. Film-film ini menunjukkan standar tinggi, mengingatkan kita untuk tidak serakah dan memberikan tips-tips agar Anda dapat menjadi pengusaha sukses.

  1. The Social Network (2010)

Film ini diangkat dari kisah Mark Zuckeberg (Jesse Eisenberg) yang membangun Facebook, jaringan sosial untuk kalangan mahasiswa Harvard.

Zuckeberg mendapatkan banyak bantuan finansial untuk mengembangkan Facebook, namun tidak butuh waktu lama baginya untuk mengacaukan bisnis yang menjanjikan karena keserakahan dan konflik internal.

Di film ini, Zuckeberg tidak muncul sebagai pahlawan, tetapi dalam kehidupan nyata, dia adalah miliarder mandiri termuda di dunia, dan kekuatan Facebook di dunia tidak dapat disangkal.

  1. Jerry Maguire (1996)

Jerry Maguire (Tom Cruise) dipecat dari perusahaannya setelah mengadvokasi keyakinannya bahwa seorang agen harus memiliki sentuhan yang lebih pribadi.

Dia secara impulsif memulai agensi manajemen olahraganya sendiri dengan satu-satunya klien, Rod Tidwell (Cuba Gooding Jr.), seorang pemain sepakbola.

Dengan mantan rekan kerja Dorothy (Renee Zellweger) sebagai karyawan satu-satunya, Maguire harus membangun bisnisnya dan mengatasi keraguannya sendiri maupun keraguan kliennya. Pada akhirnya, dia berhasil dengan menempatkan kebutuhan kliennya di atas keinginannya sendiri untuk menghasilkan uang.

“Jerry Maguire“ membuktikan, yang Anda butuhkan hanyalah satu pelanggan yang baik dan tekad dalam kisah klasik merintis sebuah usaha.

  1. The Goods: Live Hard, Sell Hard (2009)

Berlatar belakang pada sebuah bisnis dealer mobil, Don Ready yang diperankan oleh Jeremy Piven, harus menjual lebih dari 200 mobil dalam satu pekan. Meskipun licik dan banyak akal, dia menunjukkan kecakapan dalam sikap dan kemampuannya.

Don juga menunjukkan kesuksesan datang dalam banyak bentuk, dan jika dia ingin berhasil, dia perlu menunjukkan keterampilan melebihi apa yang dia pikir dia miliki.

  1. The Founder (2016)

The Founder adalah film drama komedi-biografi yang dibintangi Michael Keaton sebagai pengusaha Ray Kroc, menggambarkan kisahnya mengembangkan restoran cepat saji McDonald's.

Restoran ini sebenarnya didirikan oleh kakak beradik Richard dan Maurice McDonald, yang memulai bisnisnya dari sebuah stand burger. Berkat bantuan Kroc, bisnis ini menjadi sebuah kerajaan makanan cepat saji.

Selang beberapa saat, Kroc tidak puas dengan kontrak franchise-nya, dan akhirnya membeli saham McDonald bersaudara untuk menumbuhkan bisnis sendiri dan menjadi multi-jutawan.

Film bercerita tentang bagaimana ide sederhana untuk produk yang dijual dengan harga normal dapat meledak dan menjadi populer.

The Founder juga mengajarkan pelajaran yang baik tentang seni negosiasi ketika dihadapi dengan mitra bisnis mana pun.

  1. Willy Wonka and the Chocolate Factory (1971) atau Charlie and the Chocolate Factory (2005)

Anda dapat memilih antara Willy Wonka versi Gene Wilder atau Johnny Depp, keduanya menggambarkan kisah seorang chocolatier yang berambisi dengan pabrik cokelat yang didirikannya seorang diri.

Suatu waktu Willy Wonka tersadar bahwa dirinya membutuhkan seorang penerus untuk perusahaan permen dan cokelatnya yang sukses. Dia kemudian mengundang lima anak yang beruntung dari berbagai belahan dunia untuk datang ke pabriknya dan akan dipilih sebagai penerusnya kelak.

Film ini memberikan wawasan tambahan khususnya terkait tantangan yang sering dihadapi para wirausahawan yakni mencari mitra bisnis dengan visi yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, wirausaha, tips bisnis

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top