Terapi seni ternyata sukses membantu proses penyembuhan Maria Darmaningsing, pasien 02 positif Covid-19 di Indonesia./Bisnis.com-Ilustrasi
Health

Terapi Seni di Tengah Pandemi Ternyata Sangat Berarti

Aprianus Doni Tolok
Minggu, 17 Mei 2020 - 14:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terapi seni ternyata sukses membantu proses penyembuhan Maria Darmaningsing, pasien 02 positif Covid-19 di Indonesia.

Awalnya Maria mengaku pasrah dan putus asa saat pertama kali divonis positif terinfeksi virus Corona.

"Perasaannya luar biasa susah digambarkan. Tapi saya merasa bahwa ini sudah jalannya, saya sudah mau pulang [meninggal]," katanya dalam dialog bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid di Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Menurut Maria semua perasaan yang muncul saat dirawat di RSPI Sulianti Saroso dituangkannya lewat lukisan dan hal itu membuatnya merasa lebih baik.

Terapi mental lewat lukisan ini ternyata disarankan oleh sahabat pasien 02 yakni Ina M. Surya Dewi yang merupakan Praktisi Terapi Bermain dan Seni.

Ina menyampaikan bahwa keterbatasan ruang gerak sahabatnya di rumah sakit menjadi alasan untuk menyarankan seni lukis sebagai media terapi.

Selain itu, pengungkapan perasaan lewat menggambar dan warna memang menjadi hobi Pasien 02 sejak dulu kendati dia adalah seorang Penari Jawa.

"Pada saat Bu Maria di rumah sakit saya tawarkan bagaimana kalau kirimkan buku gambar dan cat air untuk mengekspresikan perasaan susah, gelisah [dan yang lainnya]," katanya.

Menurut Ina seni adalah alat berekspresi bagi semua orang kendati tidak berprofesi sebagai seniman.

Lebih dari itu, ungkapan ekspresi lewat seni juga baik dilakukan bagi masyarakat yang hanya beraktivitas di rumah atau work from home (WFH).

"Yang penting mereka berani mengekspresikan perasaan dengan sebebas-bebasnya [lewat media seni]," imbuhnya.

Maria mengakui bahwa terapi seni yang dijalani saat diisolasi membuatnya sejenak melupakan sakitnya dan merasakan perasaan bahagia.

Menurutnya, ada energi positif yang membuatnya optimistis bisa melewati ujian atau sakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro