Sayuran hijau/mogreenjuice.com
Health

Pentingnya Serat dan Nutrisi dalam Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 19 Mei 2020 - 20:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Serat dan nutrisi sangat penting bagi kesehatan tubuh dan mental.

Khususnya dalam berpuasa dan saat masa pandemi COVID-19 ini, konsumsi serat dan nutrisi yang cukup setiap harinya dapat menyehatkan sistem pencernaan sebagai sumber utama dari sel imun sehingga imun tubuh kuat dan tidak mudah terpapar oleh penyakit dan virus, selain itu juga dapat mengurangi tingkat stress.

“Faktanya, Sekitar 70% dari sistem imun tubuh ada di saluran pencernaan. Oleh karena itu, menjaga pencernaan sehat adalah kunci imunitas kuat. Pemenuhan asupan serat harian dapat memberi makanan bakteri baik usus, meningkatkan ketebalan mukosa usus, mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit, serta mendukung respons sistem imun alami dan spesifik tubuh. Jadi, penuhi kebutuhan serat harian untuk pencernaan sehat dan imun yang kuat menghadapi pandemi”, kata dr. Hilna Khairunisa Shalihat, M.Gizi, Sp.GK selaku salah satu pembicara dalam webinar edukasi dokter-dokter di seluruh Indonesia tentang pentingnya konsumsi serat dan nutrisi selama masa pandemi dengan judul tema “Fibre Discussion: The Benefits of Fibre and Nutrition During COVID-19” dikutip dari siaran persnya. 

Selain itu, pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya membawa dampak bagi semua yang terlibat. Staf medik dan pekerja tenaga kesehatan terkait berada dibawah tekanan fisik dan psikologis. Dukungan kesehatan mental terhadap mereka merupakan bagian penting dari respon kesehatan masyarakat.

“Oleh karenanya diperlukan dukungan di tiap tingkatan untuk meningkatkan kesehatan mental para petugas kesehatan tersebut dan mengajukan kesempatan untuk mengatasi situasi ini. Dukungan bisa didapat dari tim kerja, organisasi, teman sejawat dan dukungan dari diri sendiri dalam menjalani tugas”, kata Dr. dr. Elmeida Effendi, M.Ked, SpKJ (K).

Benny Winata, CEO FibreFirst, mengatakan melalui Fibre Discussion ini diharapkan bisa membantu  para tenaga medis Indonesia dalam menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro