Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beraktivitas Kembali di Luar Rumah, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Aman

Akitivitas di rumah harus dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dan keamanan agar terhindar dari virus corona (Covid-19).
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  14:47 WIB
Seorang perempuan mengenakan masker berjalan melewati papan petunjuk yang memandu orang ke pintu masuk stasiun penguji korona di sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman. - Bloomberg
Seorang perempuan mengenakan masker berjalan melewati papan petunjuk yang memandu orang ke pintu masuk stasiun penguji korona di sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus Corona baru atau Covid-19 telah membuat kebiasaan hidup sebagian masyarakat mengalami perubahan. Kondisi ini dapat membuat kenormalan baru.

Dokter Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar, mengungkapkan menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah paling penting dan harus diterapkan oleh masyarakat sebagai kenormalan baru dalam perilaku hidup bersih dan sehat.

"Hal ini untuk menghindari diri terjangkit penyakit dan menyebarkannya kepada orang lain. Tidak hanya ketika pandemi berakhir, namun untuk seterusnya. Apalagi ketika kita tidak bisa menghindar dari menyentuh benda-benda di sekitar kita," kata Sandi dalam virtual media briefing pada Selasa (19/5/2020).

Saat kembali beraktivitas di luar rumah, dia menuturkan masyarakat harus melakukan berbagai hal agar tetap aman.

Pertama, mendisiplinkan diri dengan menanamkan pesan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 jauh lebih baik daripada menjadi penyebar wabah. Dengan demikian diharapkan muncul keinginan untuk konsisten menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kedua, tetap waspada dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Ketiga, rutin cuci tangan dengan sabun dalam air mengalir.

Jika tidak ada wastafel atau toilet, maka gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan dengan menuangkan cairan hingga memenuhi telapak tangan, gosok dan tunggu sampai mengering.

Keempat, selalu siapkan hand sanitizer dalam tas untuk kepraktisan. pilih hand sanitizer yang dapat melembutkan kulit. Kelima, gunakan masker berbahan kain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top