Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak, Daftar Makanan Bebas Gluten

Berikut daftar makanan bebas gluten yang baik untuk kesehatan.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  10:53 WIB
Buckwheat atau soba adalah sumber antioksidan yang kaya untuk mengurangi risiko peradangan dan stres oksidatif dari tubuh. - Istimewa
Buckwheat atau soba adalah sumber antioksidan yang kaya untuk mengurangi risiko peradangan dan stres oksidatif dari tubuh. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gluten dapat menjadi penyebab masalah kesehatan bagi banyak orang. Dari penyakit servik autoimun hingga gangguan pencernaan, gluten dapat menyebabkan beberapa kerusakan kesehatan yang serius.

Demikian pula, bagi orang dengan sensitivitas gluten dapat mengalami kembung, sembelit, diare, dan bahkan reaksi alergi.

Sementara, sebagian besar biji-bijian mengandung gluten, seperti gandum dan jelai. Dikutip dari www.alodokter.com, karena terdapat dalam gandum dan jelai, otomatis gluten juga terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian tersebut. Contoh makanan yang umumnya mengandung gluten adalah roti, pasta, kue, dan sereal.

Namun, ada beberapa biji-bijian sehat yang secara alami bebas gluten. Di bawah ini adalah daftar biji-bijian bebas gluten bergizi yang dapat menawarkan kesehatan yang lebih baik dikutip dari Misskyra.com:

Quinoa

Mengandung karbohidrat tinggi, quinoa kaya akan serat larut, antioksidan, asam amino esensial, vitamin dan mineral. Quinoa atau tepung quinoa adalah pilihan tepat untuk membuat roti, pasta, dan bahkan pancake.

Pasalnya, quinoa mengandung protein nabati, ideal untuk orang yang ingin menghindari produk hewani.

Soba

Soba adalah sumber antioksidan yang kaya untuk mengurangi risiko peradangan dan stres oksidatif dari tubuh. Ini dapat mengelola tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kadar gula darah tinggi sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Anda bisa menukar tepung gandum dengan tepung soba dalam masakan

Oat

Oat adalah biji-bijian makanan bebas gluten yang murah dan mudah didapat dengan serat tinggi. Sangat baik untuk penderita diabetes, dapat mengatur kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu, sarat dengan magnesium, seng, vitamin B1 dan serat untuk menjaga usus Anda tetap sehat.

Jagung

Jagung atau makka adalah butiran makanan kuno bebas gluten. Bermanfaat untuk penglihatan mata, jagung kaya akan antioksidan, serat dan protein.

Beras cokelat

Beras putih atau cokelat bebas gluten. Namun, beras cokelat jauh lebih sehat daripada beras putih.

Bera cokelat kaya akan serat dan mikronutrien, makan beras cokelat dapat membantu mengurangi kemungkinan terserang penyakit kardiovaskular, diabetes, dan penambahan berat badan yang tidak sehat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gandum beras organik
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top