Anak belajar di rumah
Health

Homeschooling Belum Tentu Jadi Tren Kenormalan Baru

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 8 Juni 2020 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Belajar dari rumah yang dilakukan selama pandemi Covid-19 ini ternyata belum tentu bisa menaikkan animo homeschooling dalam waktu dekat.

Pengamat Pendidikan Doni Koesoma A menyatakan dalam proses integrasi ke new normal, dia menilai sekolah formal masih tetap jadi pilihan utama ketimbang homeschooling.

"Belajar dari rumah tidak sama dengan homeschooling karena metode home schooling beda dengan sekolah formal," jelas Doni kepada Bisnis, beberapa waktu yang lalu.

Pengamat yang khusus pada sektor pendidikan karakter anak ini menyebut ada banyak perbedaan sekolah formal dengan homeschooling, terutama dari sisi sistem, kurikulum, dan metode belajar. Begitu pula dengan ijasah yang diterima berbeda.

"Potensi beralihnya pendidikan formal ke homeschooling ini sangat kecil karena pemerintah tetap prioritas ke pendidikan formal berbasis masyarakat bukan individual," ungkapnya.

Dia menyebut homeschooling selama ini masih sebagai pilihan masyarakat dan keluarga. Sebaliknya pendidikan formal emerintah sudah diwadahi dalam kelompok belajar. 

Oleh sebab itu dalam proses menuju kenormalan baru, sekolah dalam masa normal baru harus tetap melaksanakan protokol Covid-19. Sehingga bukan homeschooling, melainkan bisa gabungan antara online dan off line sejauh memungkinkan. 

"Kondisi ini mengingat setiap daerah harus menyesuaikan dengan sarana dan persoalan yang ada, tidak semua memiliki sarana pembelajaran daring," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro