Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebanyak 62 Persen Masyarakat Lebih Pilih Pembayaran Nontunai

Hal ini sejalan dengan temuan yang didapatkan dari hasil survei Visa yang melibarkan konsumen dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  20:29 WIB
Sebanyak 62 Persen Masyarakat Lebih Pilih Pembayaran Nontunai
Visa

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring dengan masa transisi menuju era new normal, perilaku berbelanja masyarakat Indonesia ternyata ikut bergeser ke arah pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu atau aplikasi mobile.

Hal ini sejalan dengan temuan yang didapatkan dari hasil survei Visa yang melibarkan konsumen dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, enam dari sepuluh responden Indonesia (62 persen) mulai membentuk kebiasaan nontunai.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan survei ini mendukung perubahan ekosistem keuangan di Indonesia sehingga masyarakat lebih beradaptasi dan menyambut realita baru.

“Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat akan tetap konsisten menggunakan pembayaran elektronik untuk aktivitas keseharian meskipun masa darurat Covid-19 berakhir,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (10/6/2020).

Kebiasaan untuk berbelanja secara nontunai ini juga sejalan dengan hasil survei yang menyebutkan bahwa 56 persen konsumen Indonesia kemungkinan besar akan meningkatkan belanja online.

Belanja online dianggap memberikan pengalaman yang lebih positif dibandingkan dengan belanja tatap muka karena dapat meminimalisir kontak langsung dengan orang lain, proses pembayaran pun dilakukan secara nontunai sehingga dapat mencegah penularan virus corona.

“Tantangan saat ini makin mempercepat adopsi teknologi digital termasuk di ranah pembayaran. Percepatan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan ini sepertinya akan menjadi sebuah fondasi the new normal,” jelasnya.

Visa sendiri siap membantu pelaku usaha kecil dan menengah untuk beralih ke e-commerce dan membantu menyediakan solusi pembayaran bagi klien dan konsumen di Indonesia melalui instrumen nontunai.

“Kami akan terus memanfaatkan data dan jaringan global kami untuk memberikan pengalaman pembayaran yang positif bagi konsumen, sehingga siapapun dapat melakukan transaksi pembayaran, kapanpun, di manapun,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

visa nontunai
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top