Visa
Fashion

Sebanyak 62 Persen Masyarakat Lebih Pilih Pembayaran Nontunai

Dewi Andriani
Rabu, 10 Juni 2020 - 20:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring dengan masa transisi menuju era new normal, perilaku berbelanja masyarakat Indonesia ternyata ikut bergeser ke arah pembayaran nontunai dengan menggunakan kartu atau aplikasi mobile.

Hal ini sejalan dengan temuan yang didapatkan dari hasil survei Visa yang melibarkan konsumen dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, enam dari sepuluh responden Indonesia (62 persen) mulai membentuk kebiasaan nontunai.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan survei ini mendukung perubahan ekosistem keuangan di Indonesia sehingga masyarakat lebih beradaptasi dan menyambut realita baru.

Sebanyak 62 Persen Masyarakat Lebih Pilih Pembayaran Nontunai

“Survei tersebut juga menunjukkan bahwa masyarakat akan tetap konsisten menggunakan pembayaran elektronik untuk aktivitas keseharian meskipun masa darurat Covid-19 berakhir,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (10/6/2020).

Kebiasaan untuk berbelanja secara nontunai ini juga sejalan dengan hasil survei yang menyebutkan bahwa 56 persen konsumen Indonesia kemungkinan besar akan meningkatkan belanja online.

Belanja online dianggap memberikan pengalaman yang lebih positif dibandingkan dengan belanja tatap muka karena dapat meminimalisir kontak langsung dengan orang lain, proses pembayaran pun dilakukan secara nontunai sehingga dapat mencegah penularan virus corona.

“Tantangan saat ini makin mempercepat adopsi teknologi digital termasuk di ranah pembayaran. Percepatan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan ini sepertinya akan menjadi sebuah fondasi the new normal,” jelasnya.

Visa sendiri siap membantu pelaku usaha kecil dan menengah untuk beralih ke e-commerce dan membantu menyediakan solusi pembayaran bagi klien dan konsumen di Indonesia melalui instrumen nontunai.

“Kami akan terus memanfaatkan data dan jaringan global kami untuk memberikan pengalaman pembayaran yang positif bagi konsumen, sehingga siapapun dapat melakukan transaksi pembayaran, kapanpun, di manapun,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro