Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Diet Saat Cuaca Panas

Saat cuaca panas, setiap orang membutuhkan asupan air agar terhindar dari dehidrasi. Asupan air bisa diperoleh dari jus atau smoothies.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  21:33 WIB
Smoothies -
Smoothies -

Bisnis.com, JAKARTA - Menu minuman dan makanan yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak bisa membantu Anda di cuaca panas seperti beberapa waktu terakhir, sekaligus menjaga kesehatan mental.

Sebaliknya, hidangan cepat saji atau junk food dapat memperburuk kondisi tubuh karena mengganggu bakteri baik di usus dan menyebabkan perubahan suasana hati, dimulai dengan kegugupan dan kecemasan. Makanan tersebut mengandung karbohidrat sederhana menyebabkan keasaman dalam usus. Bahkan gula halus dan makanan penutup bisa membuat Anda merasa kembung.

Saat cuaca panas, Anda perlu memeriksa asupan air, misalnya dalam bentuk jus atau smoothies. Berikut beberapa saran untuk diet di cuaca panas, seperti dikutip dari Indian Express, Minggu:

  1. Susu

Susu tinggi antioksidan, vitamin B2 dan B12, serta protein dan kalsium. Protein laktium membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan kalium dalam susu dapat membantu meringankan otot yang tegang.

  1. Chamomile

Chamomile terbukti membantu saat gelombang panas karena kandungan antioksidan dan efek anti-inflamasi. Anda dianjurkan untuk minum secangkir teh chamomile setelah makan malam.

  1. Batasi atau hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein bisa menyebabkan kembung setelah makan.

  1. Tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai penyakit selama musim panas seperti terkena flu, mual, sakit tubuh dan lainnya.

  1. Karbohidrat

Pilih karbohidrat kompleks yang meningkatkan serotonin. Pilih roti gandum dan sereal gandum daripada makanan ringan atau minuman manis.

  1. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya antioksidan fisiologis tetapi juga membantu regenerasi antioksidan lain di dalam tubuh. Sertakan makanan mengandung vitamin C seperti jambu biji, jeruk, lemon, tomat, paprika dan cabai hijau dalam menu makanan Anda.

  1. Makanan dengan vitamin B-12

Memiliki kadar vitamin B-12 yang rendah dapat berkontribusi terhadap hipertensi dan perasaan tidak nyaman. Periksa kekurangan vitamin dalam kasus-kasus seperti itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

susu tips sehat diet

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top