Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 4 Gejala Depresi yang Harus Diperhatikan

Bila Anda sedang depresi, mengalami masa sulit dan merasa di titik terendah, bahkan muncul niat untuk mengakhiri hidup. Maka diskusikan persoalan ini dengan keluarga atau teman dekat.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 15 Juni 2020  |  11:29 WIB
Ilustrasi Depresi - Istimewa
Ilustrasi Depresi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kesedihan dan kesepian yang tak bisa diungkapkan menjadi salah satu penyebab depresi yang sangat mendalam dan bisa mempengaruhi alam bawah sadar seseorang untuk mengakhiri hidup.

Ahli kesehatan mental MD Poddar Foundation , Prakriti Poddar mengungkapkan terkadang ada beberapa pertanda seseorang cenderung melakukan bunuh diri. Ada juga yang tidak pernah mengatakan atau melakukan apa pun untuk menunjukkan cara mengakhiri hidup mereka.

Berbicara tentang bunuh diri, cara-cara yang dilakukan bisa dengan mencari senjata, pil atau benda-benda lain yang dapat digunakan dalam bunuh diri. Ada juga yang bunuh diri karena membenci diri sendiri hingga mengatur secara berlebihan anggota keluarganya. 

Depresi, psikosis, atau kecemasan, kehilangan yang signifikan bisa muncul saat ditinggal pasangan, kehilangan pekerjaan, kehilangan dukungan sosial, krisis pribadi atau stres hidup. Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya masa isolasi selama pandemi virus corona.

“Isolasi bisa meningkatkan perilaku bunuh diri orang lain. Pandemi tanpa henti hanya menambah kasus bunuh diri,"  seperti dikutip dari Times of India, Senin (15/6/2020).

Depresi tidak sama dengan perasaan rendah yang dialami oleh orang lain yang lelah karena aktivitas seharian. Depresi jauh lebih rumit dari itu. Ini adalah kesedihan yang terus-menerus atau hilangnya minat dalam aktivitas sehari-hari, yang menyebabkan gangguan pada kehidupan.

Depresi selalu terhubung dengan bunuh diri. Seseorang dapat mencegah insiden seperti itu jika mereka memperhatikan orang-orang di sekitar. Berikut adalah beberapa tanda umum depresi yang harus Anda perhatikan:

1. Memiliki pendekatan negatif terhadap kehidupan adalah tanda pertama dari depresi. Seseorang merasa tidak berharga, mulai membenci dirinya sendiri dan menyalahkan segala kesalahan yang terjadi dalam hidup mereka.

2. Orang itu tiba-tiba kehilangan minat untuk melakukan sesuatu. Bahkan mengejar hobi atau berolahraga, yang mereka sukai sebelumnya.

3. Depresi disertai oleh kurangnya energi atau rasa lelah, yang menyebabkan tidur berlebihan.

Seseorang yang menderita depresi juga mengalami perubahan selera. Beberapa makan banyak, sementara yang lain tidak merasa lapar. Hal ini menyebabkan fluktuasi berat badan mereka secara drastis.

4. Sulit untuk mengendalikan emosi. Kadang-kadang mereka akan menjadi bahagia dan menit berikutnya mereka mungkin marah.

Ada saat-saat ketika kita semua memiliki keraguan tentang masa depan kita dan merasa rendah, tetapi ingat ini bukan akhir. Anda tidak bisa berhenti mencoba dan mengakhiri hidup Anda.

Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri, segera bicarakan dengan keluarga atau teman Anda. Anda juga dapat mencari bantuan profesional atau menghadiri sesi konseling atau terapi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Depresi kesehatan tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top