Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Membuat Profil LinkedIn Agar Tampak Menonjol

Profil LinkedIn yang menonjol bisa menarik minat para pencari kerja untuk merekrut Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  13:51 WIB
Ilustrasi - Linkedin
Ilustrasi - Linkedin

Bisnis.com, JAKARTA - Profil LinkedIn Anda akan bercerita tentang kisah Anda dan menunjukkan siapa diri Anda. Namun, apa yang membuat sebuah profil dikatakan hebat atau menonjol?

Dilansir melalui The Learning Blog LinkedIn, profil yang menarik dimulai dengan mengekspresikan Anda sebagai individu yang luar biasa; siapa Anda dan mengapa Anda unik.

Untuk menyederhanakan proses pembuatan profil LinkedIn yang berbeda dari yang lain, berikut adalah beberapa tips dari Lauren Jolda yang pernah disampaikan dalam kursus terbarunya, Rock Your LinkedIn Profile.

Langkah ini dapat dilakukan bagi Anda yang baru memulai karir, mencari langkah selanjutnya, atau yang sedang kembali ke dunia kerja dan membutuhkan profil yang dapat menarik perhatian recruiter.

1. Bicara dengan target audiens Anda

Langkah pertama adalah menentukan siapa audiens utama Anda. Kemudian buat cerita yang berfokus pada kontribusi Anda, perjalanan karier Anda, dan nilai-nilai yang penting bagi Anda — semua disesuaikan dengan audiens yang tepat.

Sebagai contoh, apakah rekan-rekan Anda berasal dari industri, pelanggan, atau eksekutif? Pikirkan tentang bagaimana Anda menyesuaikan konten Anda secara berbeda untuk masing-masing audiens dan menyesuaikannya.

2. Lakukan pembaruan sederhana untuk pesan pembuka

Hal yang paling mudah dilakukan untuk memperkenalkan diri pada kolom intro adalah dengan mencantumkan industri dan lokasi Anda.

Kemudian, untuk menambah informasi Anda dapat memasang foto profil yang dapat memberikan kesan pertama yang baik. Jangan lupa untuk membubuhkan one-liner di bawah foto yang menunjukkan siapa diri Anda. Langkah-langkah kecil ini dapat mengarah pada peluang besar.

3. Tuliskan kisah Anda dengan ringkasan yang padat dan jelas.

Banyak orang bertanya di mana mereka harus menginvestasikan waktu untuk memperbaiki profil LinkedIn mereka. Jawabannya selalu fokus pada bagian "Ringkasan" atau summary. Ini adalah bagian pertama yang akan dilihat semua orang, dan Anda ingin itu menarik perhatian mereka. Gunakan ruang ini untuk membuat kesan pertama yang berani dan menarik orang lain ke dalam cerita Anda.

Jelaskan apa yang membuat Anda berbeda dengan menuliskan keterampilan khusus serta bagaimana Anda ingin memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan dampak, kontribusi dan nilai tambah.

Ini akan membantu orang lain mengenal visi Anda dalam hidup dan karier.

4. Berikan gambaran dampak dan capaian Anda.

Ingat: profil LinkedIn Anda BUKAN resume.

Memang penting untuk menggambarkan tentang apa yang Anda lakukan sehari-hari. Namun, untuk benar-benar membuat profil LinkedIn Anda lebih menarik bicaralah tentang dampak yang Anda miliki, perubahan yang Anda buat, inisiatif yang Anda pimpin, dan hasil yang Anda sampaikan.

Setelah Anda dengan jelas mengartikulasikan dampak dan hasilnya, Anda kemudian dapat menjelaskan bagaimana Anda bisa sampai di sana.

5. Jangan remehkan visual.

Gambar dapat menyampaikan ribuan kata. Untuk membantu menunjukkan pencapaian Anda, tambahkan media seperti foto, video, presentasi, dan situs web.

Dengan ini mereka yang mengunjungi halaman Anda dapat menilai lebih baik terkait apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah.

6. Kredibilitas sangat penting.

Di LinkedIn, kredibilitas adalah segalanya. Rekomendasi dari orang-orang yang mengenal dan paham kinerja Anda dapat memberikan nilai tambah pada profil Anda.

Minta rekomendasi dari berbagai kelompok orang yang pernah berkolaborasi dengan Anda dalam berbagai peran yang berbeda, serta mereka yang dapat berbicara tentang pengalaman kerja khusus, keterampilan, dan prestasi besar Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja linkedin Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top