Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manfaat Tersembunyi Jantung Pisang untuk Diabetes Hingga Penyakit Saraf

Jantung pisang memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes melitus dan mengobati penyakit gangguan pencernaan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  18:19 WIB
Jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung pisang yang berwarna ungu kemerahan punya manfaat yang bagus bagi kesehatan bagi Anda para penikmatnya.

Dikutip dari Medindia, Jumat (26/6/2020), bagian inti jantung pisang yang berwarna kuning itu biasa dimasak dengan kari atau bahkan sebagai salad. Tak heran jika jantung pisang sudah lama populer dalam masakan khas Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Kandungan antioksidan dalam inti jantung pisang ini juga bagus bagi kesehatan. Jantung pisang juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti; fosfor, kalsium, potasium, dan magnesium.

Secara lebih lengkap, apa saja manfaat dari jantung pisang?

1. Menurunkan Berat Badan

Sekitar 100 gram jantung pisang ternyata hanya memiliki 40 kalori, kurang dari 5 gram mengandung protein dan karbohidrat. Jantung pisang juga kaya serat yang membuat Anda kenyang lebih lama. Tak heran jika jantung pisang cocok untuk jadi menu diet Anda. Cara mudah menikmati jantung pisang adalah dengan sayuran segar sebagai salad atau sup.

2. Menyehatkan Masalah Pencernaan

Jantung pisang sangat kaya serat dan cocok untuk diet. Serat yang mudah terserap air atau serat mudah larut ini sangat bermanfaat untuk orang dengan gangguan pencernaan seperti iritasi usus dan diare.

3. Mengatasi Diabetes

Diabetes Melitus adalah penyakit yang menyerang metabolisme akibat tingginya kadar gula dalam darah. Imbasnya penyakit ini memberi komplikasi bagi sejumlah organ vital tubuh sehingga kadar gula harus diturunkan dengan produksi insulin.

Ada sejumlah studi yang menyatakan jantung pisang bisa membantu menyembuhkan diabetes. Menurut hasil studi dari Journal of the Science of Food and Agriculture jantung pisang bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Hasil studi menunjukkan jantung pisang menurunkan kadar gula pada kelompok tikus yang punya diabetes. Studi ini lalu menemukan, jantung pisang dengan zat anti diabetes bisa menyembuhkan gejala penyakit lain seperti kelebihan berat badan, polyuria, dan hyperglycemia.

4. Mengontrol Sindrom Pra-Menstruasi

Sindrom pra-menstruasi setiap perempuan cenderung berbeda, sindromnya juga berbeda dari bulan ke bulan. Misalnya saja mood yang berubah, depresi, masalah pencernaan seperti perut kembung, sampai iritasi ringan. Jantung pisang efektif untuk mencegah PMS. Caranya dengan mengukus jantung pisang bersama yoghurt segar.

Makanan ringan kayak probiotik ini punya serat tinggi untuk menurunkan masalah pencernaan dan mengantisipasi perut kembung. Jantung pisang juga mengandung magnesium sebagai anti-depresan, untuk menekan mood swings dan depresi. Beberapa ahli mengatakan jantung pisang bisa meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi.

5. Mencegah Serangan Jantung dan Kanker

Jantung pisang juga diyakini kaya asam fenolik, tanin, flavonoid dan berbagai antioksidan lainnya. Antioksidan ini menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif sangat meningkatkan risiko beberapa penyakit termasuk penyakit jantung dan kanker, antioksidan dapat memainkan peran penting dalam mencegah atau bahkan memperlambat perkembangan kondisi ini.

6. Mencegah Penyakit Saraf

Jantung pisang dalam upaya diet juga dapat membantu mencegah gangguan saraf seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson karena radikal bebas mudah merusak jaringan saraf.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes pisang saraf menstruasi covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top