Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kiat Mencari Pekerjaan Selama Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Corona

Banyak PHK, pensiun dini diterapkan perusahaan untuk menyelamatkan finansialnya. Akkbatnya, pengangguran menumpuk.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  09:37 WIB
Ilustrasi - Redbookmag
Ilustrasi - Redbookmag

Bisnis.com, JAKARTA -- Covid-19 telah melumpuhkan ekonomi yang mengakibatkan beberapa perusahaan melakukan perampingan.

Banyak PHK, pensiun dini diterapkan perusahaan untuk menyelamatkan finansialnya. Akkbatnya, pengangguran menumpuk.

Tentunya, saat krisis ekonomi seperti saat ini juga makin sulit orang mencari pekerjaan, termasuk mereka yang fresh graduate.

Menurut sebuah laporan oleh CMIE (Pusat Pemantauan Ekonomi India) mengatakan, "Tingkat pengangguran yang terus-menerus tinggi menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kerja yang bersedia bekerja tidak dapat menemukan pekerjaan," dikutip dari Times of India, Kamis (9/7/2020).

Ahli akuisisi talenta Philomena Joseph mengatakan, sangat penting untuk mendaftarkan diri Anda di beberapa portal pencarian kerja dan memeriksa pembaruan setiap hari.

Tidak apa-apa untuk meminta bantuan, jadi hidupkan kembali persahabatan lama dan cari koneksi. Setiap hari pastikan Anda melamar setidaknya lima lowongan kerja.

"Percayalah pada diri sendiri, dan bersabarlah Berpikir itu mungkin tidak tampak begitu, para ahli mengatakan bahwa periode ini datang sebagai berkah bagi kandidat yang menganggur untuk bekerja pada keterampilan mereka. Vinod Arora, seorang spesialis SDM senior di bisnis e-commerce terkemuka, berpendapat

“Cara terbaik untuk maju adalah dengan percaya diri. Tinggal di rumah selama tiga hingga empat bulan tidak mengurangi efisiensi, kemampuan kerja, atau bahkan bakat Anda. Prioritaskan untuk mendapatkan pekerjaan alih-alih menuntut pekerjaan yang tepat,"  katanya.

Fokus pada hasil Anda dan tambahkan nilai pada apa yang Anda lakukan juga dinilainya sangat penting.

Sosiolog, Dr Sangeetha Amarnath mengatakan, pandemi telah menyebabkan kepanikan sehingga sangat penting bagi kita untuk merenungkan keterampilan yang dimiliki.

Anda kemudian harus mencari pekerjaan yang diminati dan melihat seberapa baik Anda dapat membentuk diri Anda. 

Payal Nanjiyani, seorang pakar dan pembicara kepemimpinan, menyebutkan penting untuk menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang hebat.

“Kesalahan terbesar yang dilakukan para pencari kerja adalah mencari tahu tentang diri mereka sendiri dan prestasi mereka. Yang terbaik adalah mulai berfokus pada nilai-nilai yang akan Anda bawa, sebagai lawan berbicara tentang apa yang Anda kuasai. Anda juga harus menguasai seni mengajukan pertanyaan besar, karena mereka membuka pintu ke segala macam kemungkinan," ujarnya.

Ketika Anda melamar, lamar pekerjaan yang memenuhi syarat untuk Anda. Bangkitkan kembali persahabatan lama dan cari koneksi. Jadilah fleksibel dengan pilihan Anda. Bersikaplah terbuka untuk memperluas ambisi pengetahuan Anda. Cari pekerjaan yang diminati dan bentuklah keterampilan Anda sesuai kebutuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerjaan Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top